Makanan & Minuman Penangkal Keracunan Makanan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 09 Februari 2015 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 09 298 1103545 makanan-minuman-penangkal-keracunan-makanan-pQM1UZ8w2q.jpg Jeruk lemon bisa menangkal keracunan makanan (Foto:Forwallpaper)

SEJUMLAH makanan dan minuman, selain enak sebagai santapan sehari-hari, ternyata juga bisa menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Anda bisa menggunakannya sebagai pertolongan pertama jika terjadi keracunan makanan.

Tentunya tidak ada yang mau mengalami keracunan yang disebabkan oleh makanan, tapi musibah tidak dapat dihindari. Gejala awal indikasi keracunan makanan antara lain adalah rasa pusing, mual atau gangguan pada pencernaan setelah mengkonsumsi makanan tertentu.

Chef Yadi Pasiman, Executive Chef di Jumeirah Beach Residence, Dubai, kepada Okezone melalui pesan singkat Senin (9/2/2015), memberikan tips makanan dan minuman yang bisa membantu menetralisir keracunan akibat makanan.

Air putih

Air putih mampu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Jika muncul gejala keracunan, segera minum air putih sebanyak-banyaknya.

Teh hitam

Secangkir teh hitam hangat bisa membantu meringankan efek dari keracunan yang disebabkan oleh makanan. Kandungan asam tannic pada teh hitam bisa menjadi salah satu obat penawar pada kasus keracunan makanan.

Perasan jeruk lemon

Air perasan jeruk lemon juga memiliki khasiat yang ampuh untuk mengobati keracunan makanan. Jeruk lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu melarutkan zat racun dalam tubuh serta bisa menjadi detoksifikasi.

Daun kemangi

Daun kemangi dapat membantu membunuh bakteri jahat di dalam pencernaan serta dapat mengatasi infeksi pencernaan. Untuk mengobati keracunan, cukup ambil beberapa lembar daun kemangi kemudian dimakan sebagai lalapan.

Gula pasir

Kebanyakan mereka yang mengalami keracunan makanan merasakan badan yang lemas karena sistem pencernaan dalam tubuh tidak stabil. Gula pasir membantu memberikan energi pada penderita keracunan makanan.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini