Langkah Mudah Mengawetkan Kelapa Parut

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 09 Februari 2015 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 09 298 1103552 langkah-mudah-mengawetkan-kelapa-parut-gEU2FdpVoC.jpg Cara mengawetkan kelapa parut (Foto:Kitchenapparel)

KELAPA parut memang mudah sekali basi jika tidak disimpan dengan benar. Jika Anda belum ingin menjadikannya santan dalam waktu dekat, ada beberapa hal yang patut diperhatikan dalam penyimpanannya sehingga tidak mudah rusak.

Chef Vera Christiani, jebolan MasterChef Indonesia musim kedua, mengatakan, bahwa ada beberapa tahapan yang tepat agar kelapa parut yang baru dibeli tetap berkualitas baik. Sehingga kapanpun Anda menggunakannya nanti, tetap dalam kondisi yang baik.

Berikut tips dari Chef Vera kepada Okezone bagaimana mengawetkan kelapa parut.

Kukus kelapa parut

Saat pertama kali membeli kelapa parut, namun Anda tidak jadi menggunakannya saat itu juga. Tidak perlu khawatir, langkah pertama yang perlu dilakukan agar kelapa parutnya awet adalah kukus sebentar kelapa parut. Lama waktunya tergantung seberapa banyak kelapa yang akan dikukus. Menurut Vera, idealnya paling tidak dikukus selama empat menit saja.

Bekukan

Setelah kelapa dikukus, dinginkan beberapa saat lalu letakkan dalam wadah tertutup dan bekukan di freezer. Dengan cara ini, kelapa bisa awet hingga kurang lebih satu minggu, tergantung tingkat kesegaran kelapa tua. Maksimal penggunaan kelapa yang sudah dibekukan tidak bisa terlalu lama. Paling tidak, bisa bertahan selama satu pekan saja.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini