nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minyak Goreng Bisa Dipakai Berulang, Asal...

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 17 Februari 2015 21:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 02 17 298 1107196 minyak-goreng-bisa-dipakai-berulang-asal-NchDQJUBQr.jpg Memasak dengan menggoreng (Foto:Okezone)

DIGORENG adalah teknik memasak yang paling banyak diaplikasikan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Karenanya, seringkali minyak goreng dipakai beberapa kali untuk menggoreng.

Menggunakan minyak goreng secara berulang kali, sering disebut minyak jelantah, tentunya dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan, salah satunya menyebakan penyakit kolesterol tinggi. Jika memang Anda masih ingin menggunakannya kembali, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar minyak goreng tetap aman. Seperti di lansir Boldsky Selasa (17/2/2015).

Menyaring

Usahakan selalu menyaring sisa-sisa bahan makanan yang tercampur dengan minyak goreng. Hal ini boleh dilakukan jika minyak yang digunakan tidak lebih dari dua kali pemakaian. Sisa bahan makanan dengan ukuran yang sedang, bisa disaring menggunakan penyaring berbahan stainless steel berlubang jarang. Namun jika sisa makanan sangat kecil, gunakan penyaring yang memiliki lubang kecil juga. Lebih baik lagi jika anda menggunakan kain untuk menyaringnya sehingga minyak benar-benar bersih.

Gunakan api sedang

Saat memasak, jangan menggunakan api besar, karena api yang besar membuat minyak cepat panas. Tujuannya adalah agar minyak tidak kehilangan kandungan zat sehatnya. Api yang besar juga akan membuat minyak cepat berubah warna menjadi cokelat kemudian hitam. Sebaiknya jangan gunakan minyak lebih dari tiga kali pengulangan, karena beberapa zat yang terkandung di dalam minyak telah rusak dan dapat memicu timbulnya masalah kesehatan.

Simpan di wadah tertutup

Simpanlah minyak goreng di dalam wadah yang tertutup atau kedap udara, agar bakteri dan jamur tidak dapat masuk. Minyak goreng yang telah dipakai lebih dari satu kali akan menurun kualitasnya, maka simpan dalam wadah tertutup rapat dan dalam suhu ruang. Tidak kalah penting, jangan simpan minyak yang telah dipakai selama lebih dari seminggu.

Periksa keadaan minyak goreng

Yang paling penting dalam menggunakan minyak goreng berulang kali, yaitu, ketahuilah berapa kali minyak goreng telah digunakan dan apakah minyak goreng sudah berubah warna menjadi hitam atau berbau busuk. Jika sudah ada tanda-tanda mencurigakan dari fisik minyak, maka sebaiknya jangan digunakan lagi.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini