Share

Manfaat Kemenyan & Mur Bagi Kesehatan

Sofia Astarina, Jurnalis · Selasa 17 Februari 2015 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 17 481 1106932 manfaat-kemenyan-mur-bagi-kesehatan-6vyOeAsTHt.jpg Kemenyan (Foto:Wikipedia)

KEMENYAN jadi hal yang umum didengar saat kita menjumpai suatu acara tradisi. Berbeda dengan kemenyan, sebagian orang belum mengetahui apakah yang dimaksud dengan mur. Mur adalah getah dari torehan batang dan cabang suatu pohon yang rendah. Keduanya, kerap digunakan dalam ritual keagamaan ataupun untuk relaksasi.

Namun, kemenyan dan mur juga memiliki manfaat lainnya yaitu dalam bidang kesehatan. Dilansir dari Naturalnews, Selasa (17/2/2015), kemenyan dan mur berguna bagi beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker.

Kemenyan melawan kanker

Para peneliti dari Universitas Leicester mengatakan, kemenyan mengandung senyawa kimia yang memiliki potensi untuk membunuh sel-sel kanker dan hal ini mampu mengobati penyakit kanker seperti kanker payudara, prostat, ovarium dan usus besar.

Senyawa asetil-11-keto-beta-boswellic acid (AKBA) telah dipelajari oleh para peneliti, dan hasilnya menunjukkan senyawa tersebut efektif untuk melawan sel-sel kanker, meskipun mereka dalam tahap stadium akhir.

Mur dan kemenyan dapat membantu penyembuhan

Sama halnya seperti kemenyan, mur juga efektif untuk meningkatkan kesehatan. Biasanya, mur digunakan sebagai minyak esensial yang sudah terbukti memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti kutu air dan eksim. Tak hanya itu, mur juga mampu membantu menyembuhkan luka, memperkuat gusi dan meringankan masalah pernapasan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Safety, Nutrition and Public Health menemukan, bahwa mur mampu mengurangi kolesterol. Selain itu, bila antara kemenyan dan mur dikombinasikan, menurut National Association for Holistic Aromatherapy menjelaskan, bahwa kombinasi antara kemenyan, mur dicampur dengan kapulaga dan kayu manis, maka keempatnya menghasilkan khasiat yang mampu mencegah sakit perut, melawan bau mulut, melonggarkan dahak dan mengobati sakit gigi.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini