Share

Apa Itu Latte Art?

Devi Setya Lestari, Okezone · Sabtu 21 Februari 2015 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 21 298 1108670 apa-itu-latte-art-qt5fF8YGFd.jpg Latte art, tehnik menghias kopi (Foto:Devi/Okezone)

SEIRING perkembangan zaman, tampilan sebuah minuman sangat diperhatikan, selain juga dari rasanya. Sebagai daya tarik, permintaan penyajian kopi dengan konsep yang berbeda dan mempunyai ciri khas di beberapa kedai kopi menunjukkan peningkatan. Salah satunya, latte art.

Latte art adalah seni menghias di atas secangkir espresso dengan bahan dasar minuman cappuccino dan cafe latte. Ada dua teknik menghias kopi. Pertama, disebut free pour, yaitu menuang secara langsung susu yang telah di-steam di atas espresso. Bentuknya bisa sangat bermacam-macam, seperti hati, bunga tulip, rossetta, dan inovasi lainnya dari desain-desain tersebut.

"Teknik kedua dinamakan etching, yaitu menuang susu di atas espresso dan selanjutnya dibentuk menggunakan alat bantu untuk menggambar. Gambar yang dihasilkan juga sangat bervariatif karena menggunakan alat bantu. Gambarnya seperti beruang, babi, kucing, angsa, dan sebagainya," ujar Ade, barista yang juga memiliki kopi tiam atau kedai kopi, saat ditemui Okezone, belum lama ini.

Dalam perkembangannya, coffee shop kini tidak bisa lepas begitu saja dari latte art. Kopi yang dianggap pahit dan cenderung tidak disukai perempuan, kini mulai menjadi primadona dan disukai karena tampilan awal yang sangat menarik.

Di beberapa kopi tiam, banyak juga pengunjung perempuan yang meminta digambarkan bentuk-bentuk lucu di atas secangkir cappuccino-nya. "Hal ini sebenarnya merupakan bukti bahwa seni menyajikan kopi sudah bergerak menjadi gaya hidup," tambah Ade.

Dalam konteks penyajian kopi, permintaan tersebut lambat laun menjadi lumrah, sehingga dapat memacu para barista atau peracik kopi untuk selalu berupaya memberi inovasi dalam menciptakan seni di atas secangkir kopi.

Sebenarnya yang utama harus diperhatikan pada proses pembuatan latte art, selain espresso-nya, adalah kehalusan steamed milk yang dihasilkan oleh para barista. Ini akan akan lebih memudahkan dalam menuang susu di atas espresso dan mempercantiknya.(ndr)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini