nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut Makanan Baik untuk Kesehatan Tulang

Mom & Kiddie, Jurnalis · Minggu 22 Februari 2015 15:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 02 22 481 1108951 berikut-makanan-baik-untuk-kesehatan-tulang-GF5f46RUPi.jpg Makanan untuk kesehatan tulang (Foto: Ehow)

OSTEOPOROSIS seringkali dipersepsikan sebagai penyakit manula. Nyatanya, penyakit ini dapat menyerang wanita dan pria usia produktif. Pertumbuhan tulang tidak berlangsung maksimal bila tubuh kekurangan asupan kalsium dan vitamin D.

Berikut daftar makanan yang sangat baik untuk menjaga kondisi tulang agar tetap sehat dan kuat, menurut Dr. dr. Lukman Shebubakar, SpOT Brawijaya Women and Children Hospital.

Susu

Susu adalah sumber kalsium tertinggi. Disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur 2-3 kali sehari. Makanan lain yang terbuat dari susu yakni keju dan yoghurt juga mengandung jumlah kalsium tinggi.

Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau gelap seperti selada air dan kangkung menjadi alternatif sumber kalisum non-susu yang baik. Termasuk bayam dan brokoli. Namun, kalsium dari bayam lebih sulit diserap tubuh dibanding susu karena mengandung oksalat. Sedangkan, brokoli merupakan sumber vitamin D yang baik karena hampir setara dengan kalsium pada segelas susu.

Ikan salmon

Selain kaya protein dan omega 3, ikan salmon juga mengandung kalsium yang tinggi yaitu 181 mg/3 onsnya. 

Kacang almond

Makanan yang biasa digunakan sebagai camilan ini mengandung vitamin E yang tinggi. Selain itu, almond ternyata mengandung 70-80 mg kalsium.

Sereal

Gandum dan kismis mengandung vitamin D tinggi, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan tulang yang kuat.

Buah-buahan

Aneka buah-buahan yang mengandung kalsium dan vitamin D, yaitu stroberi, buah naga, jambu biji, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, kiwi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini