Festival Durian Lokal Yogyakarta Sedot Ribuan Pengunjung

Markus Yuwono, Jurnalis · Senin 23 Februari 2015 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 23 298 1109428 festival-durian-lokal-yogyakarta-sedot-ribuan-pengunjung-xngLAjZQ5P.jpg Lomba makan durian di festival durian di Gunungkidul, Yogyakarta (Foto:Markus/Sindoradio)

WARGA kawasan ekosiwata Gogor Park Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta sukses menggelar Festival Durian 2015 pada Minggu (22/2/2015). Jumlah pengunjung yang datang diperkirakan mencapai ribuan orang.

Dalam festival yang bertujuan untuk mempromosikan durian lokal ini, diadakan lomba durian yang diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari petani lokal wilayah Patuk, yang merupakan satu-satunya wilayah yang bisa ditanami durian di Gunungkidul. Jenis durian yang diperlombakan seperti durian petruk, dan kencana rukmi. Selain itu juga dilakukan lomba makan durian, dan lelang buah durian. Kemeriahan festival durian yang digelar untuk kedua kalinya ini sempat membuat jalur Yogyakarta-Wonosari tersendat.

Sekretaris panitia festival, Muhajir, mengatakan, bahwa festival dimaksudkan untuk memperkenalkan kalau Gunungkidul yang selama ini dikenal sebagai wilayah yang tandus juga bisa menghasilkan durian yang berkualitas. "Kami ingin membuktikan jika Gunungkidul mampu menghasilkan durian yang baik," katanya.

Muhajir menjelaskan, keunggulan durian yang berasal dari Patuk yakni memiliki rasa manis yang enak karena matang di pohon. "Masyarakat di sini menjual ketika sudah jatuh, sehingga dijamin lebih manis dan segar," ungkapnya.

Muhajir menambahkan, dalam lomba ini selain mendorong petani lokal meningkatkan kualitas durian, juga untuk memperkenalkan kawasan Gogor Park sebagai kawasan ekowisata, sehingga bisa turut meningkatkan perekonomian warganya.

Salah seorang wisatawan asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Magdalena mengatakan, ia tertarik datang ke festival durian setelah mendengar informasinya dari sosial media. Dia mengaku pertama kali mengikuti festival durian di Yogyakarta.

"Kebetulan pas wisata ke Gunungkidul, dan mendengar ada festival durian," katanya.

Dalam lelang durian, harga tertinggi mencapai Rp450 ribu, dan terendah Rp30 ribu. Selain itu, lomba makan durian diikuti oleh 15 peserta.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini