nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Cerdas agar Alat Dapur Berbahan Kayu Awet

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 24 Februari 2015 11:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 02 24 298 1109778 tips-cerdas-agar-alat-dapur-berbahan-kayu-awet-B93hClOrvS.jpg Alat dapur yang terbuat dari kayu (Foto:Devi/Okezone)

PERAWATAN alat dapur berbahan kayu tidak sama dengan perawatan alat dapur yang terbuat dari bahan logam atau bahan lainnya. Ada trik khusus dalam merawat perabotan dapur agar tetap terjaga keawetannya.

Wajan atau panci anti lengket akan mudah rusak jika digunakan bersama alat masak berbahan logam. Penggunaan alat masak seperti sendok atau spatula dari bahan logam akan merusak lapisan anti lengketnya. Karena itu, penggunaan spatula kayu sangat diperlukan. Selain lebih ramah pada peralatan masak anti-lengket, sifat spatula kayu yang tidak menghantarkan panas juga sangat bermanfaat. Spatula kayu juga memiliki sifat yang relatif anti-bakteri, asalkan tidak ada sisa makanan yang tertinggal pada spatula yang menjadi tempat tinggal bakteri.

Selain spatula kayu, beberapa alat dapur yang terbuat dari bahan kayu, misalnya saja cobek, talenan, sendok nasi, nampan, dan lain sebagainya. Chef Danu Pratama, chef dari Hotel Peninsula, Jakarta Barat, melalui surat elektronik, Selasa (24/2/2015), menuturkan kepada Okezone sejumlah tips untuk merawat spatula atau alat dapur yang terbuat dari bahan kayu agar awet.

Cuci dengan air hangat

Mencuci spatula atau alat dapur yang terbuat dari kayu sebaiknya dengan menggunakan air hangat dan sabun pencuci piring berbahan cair. Setelah selesai dicuci dan dibilas dengan air, maka keringkan dengan menggunakan lap atau handuk yang kering, kemudian diamkan agar alat dapur berbahan kayu mengering.

Jangan direndam dalam air

Hindari merendam spatula dan alat dapur berbahan kayu dalam air. Kayu memiliki sifat yang mudah lapuk dan proses perendaman akan membuatnya cepat patah dan rusak. Jangan pula mencucinya menggunakan mesin pencuci piring.

Sesekali sterilkan agar selalu bersih

Meski selalu dicuci setelah dipakai, spatula dan alat dapur berbahan kayu juga sesekali harus disterilkan. Caranya sangat mudah, yakni cukup menggunakan air dan cuka dengan perbandingan 1:1, kemudian rendam sebentar kurang-lebih lima menit. Setelah itu keringkan spatula. Cara ini bisa membunuh bakteri yang melekat pada spatula dan alat dapur berbahan kayu lainnya.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini