Sushi Dibekukan Bisa Bikin Rasanya Hambar

Dinno Baskoro, Jurnalis · Kamis 26 Februari 2015 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 26 298 1110949 sushi-dibekukan-bisa-bikin-rasanya-hambar-WOvTuYGjxo.jpg Sushi, makanan khas Jepang (Foto:Okezone)

BANYAK orang menggemari sushi dan sashimi karena ikan atau daging yang digunakan masih segar. Sebaliknya, jika harus dibekukan, ini akan membuat cita rasa makanan khas Jepang itu berkurang kelezatannya.

Gusti Ngurah Retjak, mantan juru masak di Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di Amerika Serikat, berpendapat, sebenarnya sushi tidak disarankan untuk dibekukan. Pasalnya, kata dia, membekukan sushi dapat mengurangi cita rasanya.

Dia menjelaskan, sushi yang dibekukan dapat membuat air yang terkandung di dalam sushi mengkristal. Ketika didinginkan untuk dikonsumsi, kristal es akan mencair dan dapat mengubah cita rasa.

"Sebenarnya sushi jangan sampai frozen (membeku-red). Karena nanti setelah didiamkan, air dari kristal esnya akan keluar dan nanti rasanya akan menjadi hambar,” kata pria yang akrab disapa dengan Retjak ini kepada Okezone di Hotel Horizon, Bekasi, Rabu, 25 Februari 2015.

Jika tujuan dari membekukan sushi adalah untuk mematikan bakteri berbahaya dalam daging mentah, Retjak menilai, sushi cukup didinginkan saja di lemari es. Tidak perlu dimasukkan ke dalam freezer.

"Cukup didinginkan saja semalam. Dengan cara ini cukup mengurangi bakteri yang terkandung di dalamnya. Jadi cukup didinginkan saja sushinya," pungkas dia.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini