Pentingnya Memilih Sampo yang Tepat

Wilda Fitria, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2015 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 04 194 1113826 pentingnya-memilih-sampo-yang-tepat-EKXXKwoCIT.jpg Pentingnya memilih sampo yang tepat (Foto: Boldsky)

BERBAGAI masalah rambut sering dikeluhkan oleh banyak orang. Faktor cuaca, kebersihan, hingga produk yang digunakan sering disalahkan. Padahal, ada satu hal yang ternyata juga menyebabkan kerusakan rambut, yaitu, Anda mungkin salah dalam memilih sampo yang tepat.

Penelitian menunjukkan, penggunaan sampo yang salah bisa berbahaya bagi rambut. Untuk itu, sangat penting untuk memilih sampo yang tepat untuk kondisi dan jenis rambut Anda. Berikut ulasannya sebagaimana dilansir Boldsky, Rabu (4/3/2015).

Rambut berminyak

Salah satu tips bagi pemilik rambut jenis ini, pilih sampo herbal. Akan lebih baik jika Anda sering-sering mencucinya untuk mengurangi minyak yang banyak di rambut Anda. Jika Anda ingin menambahkan kondisioner, gunakan hanya pada ujung rambut dan bukan di kulit kepala.

Rambut kering

Jika rambut Anda kering, maka pilihlah sampo yang sangat ringan. Untuk tambahan, gunakan kondisioner yang cocok dengan rambut Anda, dan sebaiknya, hindari mencuci rambut Anda setiap hari.

Rambut normal

Anda yang memiliki rambut jenis ini cukup beruntung karena hampir semua jenis sampo bisa Anda gunakan. Mencuci rambut terlalu seringpun tak akan menjadi masalah karena itu membantu menjaga kulit kepala Anda bersih. Andapun bisa membuatnya lebih lembut dengan pengaplikasian kondisioner.

Rambut rusak

Pemilik rambut jenis ini tentu akan merasa sedikit kerepotan. Pasalnya, beberapa masalah kerap muncul, salah satunya ujung rambut yang bercabang. Untuk mentreatnya, gunakan sampo yang mengandung keratin untuk membantu memperkuat rambut.

Jika ketombe datang, tentunya pilih sampo khusus untuk rambut berketombe, tetapi sebaiknya, gunakan sampo jenis ini hanya satu minggu sekali, karena bisa menyebabkan kulit kepala kering.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini