Cara Cepat Menyimpan Sayuran Kol

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2015 00:20 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 05 298 1114376 cara-cepat-menyimpan-sayuran-kol-I2xtN3hiy1.jpg Sayuran kol (Foto:Wikihow)

SEBENARNYA sayuran kol tidak disarankan untuk disimpan jauh-jauh hari. Lebih baik, beli sayur kol dan langsung digunakan.

Tapi, jika sudah terlanjur beli dan tidak digunakan saat itu juga. Perhatikan tips berikut ini, bagaimana menyimpan kol agar tetap segar. Selengkapnya, dilansir Wikihow, Kamis (5/3/2015).

Simpan di kulkas

Sayur kol akan tetap dalam keadaan segar jika disimpan pada suhu sejuk seperti di dalam kulkas. Jangan coba-coba menyimpannya di suhu ruang, atau sayurnya bisa layu dan lembek.

Tutup rapat dengan plastik

Menyimpan kol di dalam kulkas, tentu perlu kiat khusus agar nutrisi dan kerenyahan sayuran ini tetap terjaga.

Caranya adalah, tempatkan sayuran kol menggunakan wadah dan tutup rapat. Atau bisa juga menggunakan plastik dan ikan kencang sampai membungkus seluruh sayurannya.

Paling tidak, dengan cara ini, kol yang Anda beli bisa bertahan sekira dua pekan.

Buang bagian luar kolnya

Sayuran kol ini terdiri dari beberapa bagian yang bertumpuk-tumpuk. Sebelum digunakan, buang bagian luarnya, meski terlihat masih bagus, tapi paling tidak, bagian dalam kolnya jauh lebih layak untuk dikonsumsi dibandingkan bagian luarnya.

Hal tersebut untuk menghindari bagian yang sudah layu selama proses penyimpanan. Setelah itu, cuci kolnya di bawah air mengalir sampai bersih dan siap digunakan.(ndr/yac)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini