Makan Sushi Harus Sekali Lahap

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 09 Maret 2015 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 08 298 1115504 makan-sushi-harus-sekali-lahap-hmFxGYbHij.jpg Aneka sushi (Foto:Yokossushi)

SUSHI adalah makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi dan beberapa bahan isian seperti ikan, udang atau bahan lainnya. Karena butuh penanganan ahli, maka sushi dibuat oleh chef khusus yang biasa disebut sushi chef.

Sushi roll adalah satu varian sushi yang paling terkenal, sajian ini terdiri dari nasi yang kemudian diberi isian, lalu digulung menggunakan bantuan makisu, yakni alat penggulung sushi yang terbuat dari bambu. Sushi roll biasanya dibuat seukuran dengan porsi sekali lahap.

"Menyantap sushi harus dalam sekali lahap karena jika tidak, sushi akan pecah dan berantakan" kata Ganda Ari Widyanarko selaku manager dari sebuah restoran sushi di Jakarta.

Namun bagaimana jika sushi berukuran cukup besar? Menurut Ganda, untuk sushi yang memiliki ukuran besar dan tidak memungkinkan untuk sekali lahap, maka sebaiknya gunakan tangan dalam menyantapnya. Karena jika menggunakan sumpit maka sushi akan hancur. Selain terlihat tidak sopan, sushi yang hancur akan menyinggung chef yang sudah membuatnya.

"Kalau sudah hancur ya tidak bisa dimakan lagi dan itu dipandang tidak sopan oleh tradisi masyarakat Jepang. Untuk itu dalam menyantap sushi sebaiknya ketahui dahulu tata cara memakannya" tutup Ganda kepada Okezone melalui surat elektronik.(ndr)

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini