Mengenal Bentuk Anggota Tubuh Bayi Baru Lahir

Mom & Kiddie, Jurnalis · Senin 09 Maret 2015 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 09 481 1115893 mengenal-bentuk-anggota-tubuh-bayi-baru-lahir-K1zN52duTg.jpg Mengenal anggota tubuh newborn (Foto: Zoora)

BAYI baru lahir mengalami beberapa hal yang tak jarang mencemaskan orang tua. Keadaan yang sebenarnya normal dan hanya bersifat sementara. Ketika seorang ibu melahirkan bayinya, selain ingin mendengar tangisannya yang keras tentu tak sabar ingin segera menatap wajahnya dan mengamati setiap bagian bagian tubuh mungil sang bayi.

Berikut panduan seputar bayi baru lahir mengenai bentuk anggota tubuh bayi.

Kepala

Ketika baru lahir, bentuk kepala bayi agak lonjong, karena tulang tengkorak di ubun-ubun belum menutup. Moms jangan panik karena kulit di daerah tersebut kuat untuk melindungi. Ukuran kepala bayi seperempat panjang badannya, kelak bila dewasa tinggal 1/8 panjang badan.

Rata-rata lingkar kepala bayi saat lahir 35 cm. Pada usia enam bulan, lingkar kepalanya bertambah sekitar 8,5 cm menjadi 43,5 cm. Pada usia satu tahun bertambah 12 cm dari waktu lahir menjadi 47 cm.

Otak bayi baru lahir beratnya 350 gram. Ketika usia satu tahun, berat otak menjadi 1200 gram, 70 persen berat otak orang dewasa.

Ada bagian lembut di satu area karena akumulasi cairan selama proses persalinan. Hal ini disebabkan adanya pembuluh darah kecil yang pecah di bagian kepala. Gumpalan ini akan hilang dalam beberapa bulan.

Mata

Sebagian bayi tidak bisa langsung membuka matanya saat lahir. Tekanan saat melewati jalan lahir membuat mata tampak membesar, bengkak dan sembap hingga tidak dapat membuka mata. Hal ini hanya bersifat sementara.

Pada minggu pertama, mata bayi kadang tampak merah. Itu disebabkan pembuluh darah kecil di mata bayi pecah dan meninggalkan garis merah di bagian putih mata atau di sekitar iris mata. Hal ini biasa terjadi pada bayi baru lahir dan tidak meninggalkan kerusakan permanen, mata merahnya akan hilang dalam 2-3 minggu.

Ada juga mata bayi tampak berair, dipenuhi kotoran mata dan berkerak. Itu disebabkan penyumbatan di saluran air mata. Bayi memiliki saluran air mata yang menyalurkan air mata dari mata ke bukaan di dekat hidung. Namun, kadang saluran ini tidak sepenuhnya terbuka saat lahir hingga akhirnya air mata tersumbat.

Air mata bayi baru keluar saat bayi berusia 1-3 bulan. Sebelum waktu tersebut, ia tidak akan mengeluarkan air mata meski menangis.

Telinga

Cuping telinga bayi baru lahir bisa terlipat keluar, atau seperti menempel di kepala. Daun telinga lembut dan lentur dibanding daun telinga orang dewasa, karena tulang rawan pembentuk daun telinga belum mengeras.

Hindari melakukan tindakan apapun dengan maksud telinganya kelihatan lebih bagus. Tak akan membantu, justru dapat menyebabkan iritasi kulit. Lebih baik mengembalikan posisi tidur yang miring untuk memastikan telinga tidak terlipat karena tertindih.

Bayi juga sudah mengeluarkan kotoran telinga. Namun jika terlihat telinganya mengeluarkan cairan berbau, segera bawa ke dokter, karena kemungkinan terjadi infeksi telinga tengah.

Kulit

Tak sedikit newborn memiliki kulit kering, mengelupas, ruam kulit dan memiliki tanda lahir. Bercak-bercak kebiruan di kaki dan tangan bayi juga merupakan hal normal pada minggu awal kelahiran bayi. Semua akan hilang dengan sendirinya.

Jika kulit bayi kering dan mengelupas berubah jadi memerah dan membuat bayi rewel karena gatal, ini pertanda bayi terkena eksim, segera bawa ke dokter.

Tangan

Kulit tangan bayi yang keriput saat lahir akan menghilang saat tubuhnya semakin berisi. Bayi akan menutup jari-jari dengan kuat, setiap telapak tangannya disentuh. Ini gerak refleks bayi yang baru lahir. Ukuran tangan bayi saat lahir akan membesar empat kali lipat saat dewasa.

Kaki

Kaki bayi agak menekuk, mengikuti posisi dulu di dalam rahim. Pelan-pelan kaki bayi pasti berubah jadi lurus. Gerak refleks bayi menghilang usia dua sampai tiga bulan, bayi mulai melatih dan mengontrol gerakan kaki. Ukuran kaki bayi saat dewasa 5 kali lebih besar dari dilahirkan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini