nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Enak Belum Tentu Sedap, Ini Bedanya

Santi Andriani, Jurnalis · Selasa 10 Maret 2015 10:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 03 10 298 1116251 makanan-enak-belum-tentu-sedap-ini-bedanya-tqoe3G8Gj1.jpg Ayam goreng lengkuas (Foto:Findrecipes)

BAHAGIA rasanya jika hasil masakan dipuji enak. Tapi, kata yang muncul selanjutnya 'hanya kurang sedap'. Ternyata, makanan yang sudah enak pun belum tentu berasa sedap. Ini perbedannya.

"Enak belum tentu sedap, tapi kalau sedap, sudah pasti enak. Semua rasa seimbang menghasilkan satu rasa yang paling menonjol, yang seringkali membuat yang makan mau makan lagi," kata Chef Febrian Wicaksono ketika dihubungi Okezone, Senin 9 Maret 2015.

Menurut runner-up MasterChef Indonesia musim ketiga ini, rasa sebuah hidangan dikatakan enak, jika semua unsur rasa, seperti asin, manis, asam atau pedas sudah seimbang. Artinya, tidak ada yang keasinan, terlalu manis atau asam. Kecuali, jika hidangan tersebut memang memiliki ciri khas sendiri, misalnya masakan yang manis atau asam.

"Kalau enak, istilahnya ya semua rasa sudah pas, sudah pas di lidah. Pas asinnya, pas manisnya, pas pedasnya, sudah seimbang takarannya," ujar chef yang biasa dipanggil Chef Brian ini.

Namun, ini berbeda dengan sebuah makanan yang dikatakan sedap atau lezat. Cara mudah menyimpulkan apakah masakan itu lezat atau cukup enak, lanjut Chef Brian, yaitu adanya keinginan untuk kembali menikmati makanan tersebut. Meski ada kalanya perut sudah kenyang, namun lidah tidak bisa dibohongi untuk kembali merasakan sensasi rasa yang dihadirkan dalam sebuah makanan tersebut.

"Kalau enak, biasanya kalau sudah habis ya sudah, tidak ada keinginan lagi untuk nambah. Tapi, kalau masakan yang lezat, seringkali ada keinginan untuk kembali nambah, untuk menikmati lagi kesedapan makanan tersebut," pungkasnya.(yac)

(tty)

Berita Terkait

makanan enak dan sedap

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini