Tips Membuat Ketan yang Lembut

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2015 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 11 298 1116985 tips-membuat-ketan-yang-lembut-lJfCl8s0XT.gif Olahan ketan (Foto:Okezone)

MENGOLAH makanan dari bahan dasar beras ketan memang susah-susah gampang dan terkadang memerlukan beberapa trik khusus. Jika salah, mengolah maka ketan yang dihasilkan terkadang memiliki tekstur yang keras dan tidak lembut, bahkan teksturnya pun terkadang tidak merata.

Salah satu pemilik Kedai Tansau, tempat makan yang menyuguhkan olahan ketan, Denny Nurmansyah, memberikan beberapa tips untuk membuat ketan yang lembut. Berikut tips yang diberikan Denny kepada Okezone, Rabu (11/3/2015).

Kenali jenis beras ketan

Beras ketan yang tersedia di pasaran terdiri dari berbagai jenis, antara lain beras ketan lokal dan beras ketan impor atau disebut paris. Kedua jenis beras ketan ini memiliki tipe dan bentuk yang berbeda. Untuk kualitas, Denny menyebut, beras ketan paris memang lebih putih, bersih dan lebih pulen. Dari segi harga, beras ketan paris memiliki harga yang lebih mahal ketimbang beras ketan lokal. Namun, kualitas ketan saat sudah matang, perbedaannya ternyata hanya sedikit. Karena inilah Denny memilih untuk menggunakan beras ketan dalam membuat produknya.

Teknik pengolahan

Meskipun sama-sama beras, teknik pengolahan beras ketan dan beras untuk nasi biasa jelas sangat berbeda. Setelah dicuci bersih, beras langsung dikukus di dalam kukusan yang sudah panas. Saat beras ketan setengah matang, kemudian siram secara perlahan dengan santan yang sudah direbus sebelumnya. Setelah itu, kemudian dikukus lagi hingga matang dan empuk.

Teknik penyimpanan

Agar ketan selalu bertekstur lembut, simpan dalam rice cooker atau termos agar selalu hangat. Karena ketan yang sudah dingin akan menjadi keras dan mengering. Jika sudah kering, maka ketan tidak akan enak untuk disantap. Ketan yang sudah matang bisa disimpan maksimal dua hari, namun untuk menjaga kualitas, sebaiknya olahan ketan harus habis pada hari yang sama agar rasa dan teksturnya masih bagus.(yac)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini