Hakkau & Siu Mai, Dimsum Paling Populer

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2015 06:48 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 11 298 1117221 hakkau-siu-mai-dimsum-paling-populer-xMQ6nWkpgn.png Hakkau (Foto:Grandprice)

JIKA Anda senang menyantap dimsum pasti sudah tidak asing dengan dimsum jenis hakkau dan siu mai. Kedua jenis dimsum ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang sudah sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia.

Menurut Dada Hardikusumo, pemilik gerai dimsum My Dim Sum, hakkau adalah salah satu jenis dimsum yang berisi campuran udang segar dan cincangan batang tebu. Kemudian dibungkus dengan kulit hakkau yang terbuat dari tepung kanji. Seperti kebanyakan dimsum lainnya, hakkau diolah dengan cara dikukus. Ketika matang, kulit hakkau akan terlihat bening dan mengilap, bentuknya juga divariasikan sehingga tampilannya menjadi menarik.

Selain hakkau, jenis dimsum lainnya yang juga popular adalah siu mai. Mungkin orang lebih terbiasa dengan sebutan siomay. Siu mai yang kita kenal di Indonesia sebenarnya berbeda dengan siu mai di Tiongkok. Siu mai dalam dimsum umumnya berisi cincangan daging ayam. Namun, saat ini banyak yang memvariasikan dengan bahan isian lain seperti misalnya yang tersaji di My Dim Sum yakni isian tidak hanya daging ayam tetapi ada juga kepiting dan jamur.

Pada bagian atas siu mai diberi tambahan berupa telur ikan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Roe. "Siu Mai identik dengan tambahan roe atau telur ikan berwarna oranye yang diletakkan di bagian atasnya," tambah pria yang akrab disapa Chef Dada ini kepada Okezone saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan.

Baik hakkau maupun siu mai dimakan dengan tambahan pelengkap berupa saus. Saus dimsum berwarna oranye kemerahan, rasanya sedikit pedas dengan ada sedikit rasa asam.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini