nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengatasi Kesulitan Telan Obat Ukuran Besar

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2015 20:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 03 11 481 1117093 mengatasi-kesulitan-telan-obat-ukuran-besar-Cx57rUYNBr.jpg Mengatasi kesulitan telan obat ukuran besar (Foto: Observer)

MENELAN obat ukuran besar sering kali membuat orang tersedak atau muntah. Beberapa orang mencoba untuk memotong atau menghancurkan pil. Pada beberapa kondisi, melakukan cara itu tidak akan membuat pil efektif.

Bila Anda ragu atau lagi-lagi kesulitan untuk mengonsumsi obat dengan cara digerus atau dipotong, ada beberapa trik lain yang bisa Anda lakukan, seperti dilansir dari laman Livestrong, Rabu (11/3/2015).

Telan bersama makanan

Kunyah beberapa potong pisang, roti, atau makanan yang dikunyah lainnya. Setelah Anda selesai mengunyah, masukkan pil ke dalam mulut Anda sehingga bercampur. Bila Anda memiliki masalah dalam mengunyah pil besar karena terlalu keras, sembunyikan mereka dalam makanan, seperti hamburger, untuk mengatasi masalah Anda.

Celupkan dalam selai atau jelly

Gunakan keju cair, saus apel, selai kacang, atau jelly untuk melapisi pil. Isi penuh sendok dengan salah satu bahan makanan tersebut dan letakkan pil di tengahnya. Telan semuanya dalam sekali lahap.

Telan dengan cairan kental

Gunakan minuman kental daripada air putih biasa. Letakkan pil di pangkal lidah, lalu teguk jus jeruk, milkshake, atau yoghurt cair. Kadang menggunakan cairan kental yang berasa membantu mengontrol refleks muntah dan membuat menelan pil menjadi mudah.

Atur napas

Letakkan pil di dalam mulut. Tarik napas dalam dan tahan saat Anda meneguk air dalam jumlah besar. Telan dan lalu buang napas. Trik ini bisa membantu menahan refleks muntah dan membuatnya mudah menelan pil besar.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini