nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Santap Gudeg di Selokan Mataram, Nambah Jamur di Sleman

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 12 Maret 2015 13:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 03 12 298 1117492 santap-gudeg-di-selokan-mataram-nambah-jamur-di-sleman-WYQbD4HYWU.jpg Gudeg, makanan khas Yogyakarta (Foto:Shutterstock)

PENYANYI Ubay bisa disebut termasuk orang yang hafal kuliner di Magelang, Jawa Tengah dan sekitarnya. Dengan cepat ia dapat menyebutkan jenis makanan enak yang ada di Jawa Tengah. Bahkan, ia bisa mereferensikan makanan apa yang enak di daerah Yogyakarta, Semarang, Sleman, ataupun Kebumen.

Kebanyakan tempat makan yang pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah ini sebutkan, adalah tempat favoritnya saat berwisata kuliner. Mulai dari camilan hingga makanan berat, bisa ia sebutkan.

Misalnya, pecinta makanan bercita rasa pedas ini selalu pergi ke daerah Selokan Mataram, Yogyakarta, jika ingin menyantap gudeg.

"Di sini (selokan Mataram-red) gudegnya enak loh. Selain gudeg ada juga ayam gepuk dan oseng mercon favoritku," katanya saat berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone, di Gedung HighEnd, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, jika melanjutkan perjalanan ke Sleman, Ubay menyarankan sebaiknya menyempatkan diri untuk mampir dan mencoba makan di rumah makan Jejamuran. Sesuai namanya, tempat makan ini menyediakan berbagai menu yang terbuat dari bahan dasar jamur. Berbagai olahan jamur tersaji di warung ini, antara lain, sate jamur, pepes jamur, tumis jamur, dan lain sebagainya.

Lain lagi jika Anda berkunjung ke Semarang, Ubay memiliki satu referensi tempat makan yang menurutnya sangat wajib untuk dicoba, yakni pecel sayuran yang terletak di kawasan Erawati Selatan, Semarang. "Pecelnya enak, bumbu kacangnya banyak dan lezat. Selain itu porsinya juga banyak dan pastinya murah," ujar pemilik nama asli Muhammad Yusuf Nur Ubay ini diselingi tawa.

Beralih ke Kebumen, ada satu soto berkuah santan. Menurut Ubay, soto yang dijajakan di pinggir jalan ini setiap harinya selalu dipenuhi pembeli. Saran Ubay, jika ingin mencicipi soto di Kebumen ini harus sabar karena pembeli yang antre bisa sampai puluhan orang.

[Selokan Mataram, Yogayakarta (Foto:Inijogja)]

(yac)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini