Tips Bikin Kulit Dimsum agar Bening & Mengilap

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 13 Maret 2015 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 13 298 1118055 tips-bikin-kulit-dimsum-agar-bening-mengilap-gGIusAOKAy.jpg Aneka dimsum (Foto:Helpgoabroad)

KULIT dimsum identik dengan tampilannya yang tipis, bening, dan mengilap. Bahkan terkadang pada jenis dimsum tertentu, bahan isiannya sekilas hampir kelihatan. Diperlukan beberapa cara untuk membuat kulit dimsum tampak bagus dan tidak mudah sobek.

Berikut Chef Dada Hardikusumo yang juga memiliki kedai dimsum, My Dim Sum di Jakarta, memberikan tipsnya untuk Anda bagaimana membuat kulit dimsum yang bagus.

Perhatikan kualitas bahan

Sebelum membuat kulit dimsum, sebaiknya kenali dan ketahui dulu jenis dan kualitas bahannya. Untuk membuat kulit dimsum yang bening dan mengilap, tidak bisa menggunakan tepung terigu tetapi harus menggunakan tepung kanji dan tepung tang mien. Kedua jenis tepung ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan tepung terigu, maka harus perhatikan juga kualitas dari tepung kanji dan tepung tang mien yang akan digunakan. Tepung tang mien memiliki warna yang lebih putih dan tekstur yang lebih halus. Pastikan juga tepung tidak menggumpal dan tidak berbau tengik.

Teknik pengolahan

Setelah yakin bahan yang digunakan memiliki kualitas bagus, maka teknik pengolahan adalah menjadi faktor yang harus diperhatikan selanjutnya. Untuk membuat adonan kulit dimsum, harus mempergunakan air yang panas agar tepung bisa menjadi adonan yang bisa diuleni. Jika menggunakan air dingin, maka tepung tidak akan menjadi adonan melainkan akan berhamburan dan bergumpal. Uleni adonan hingga benar-benar kalis karena jika tidak, kulit akan mudah robek saat diberi isian. Saat dikukus, dimsum sebaiknya didiamkan dan jangan dilakukan banyak perlakuan seperti dibolak-balik.

Penyimpanan

Dimsum yang sudah jadi, sebaiknya langsung dikukus. Jika tidak ingin langsung dimakan, bisa disimpan dalam freezer. Cara ini bisa membuat dimsum bertahan dalam waktu yang cukup lama. Simpan dimsum dalam wadah kedap udara dan dalam suhu beku. Jika ingin mengambil sebagian dimsum, sebaiknya gunakan alat bantu seperti sendok agar kebersihannya tetap terjaga.(yac)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini