nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tujuh Cara Efektif untuk Menjadi Atasan Sukses

Ariesta Asri, Jurnalis · Sabtu 14 Maret 2015 22:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 03 14 196 1118682 tujuh-cara-efektif-untuk-menjadi-atasan-sukses-vUDON9davR.jpg Menjadi bos yang baik (Foto:Theprovince)

TIDAK mudah menjadi pemimpin yang baik. Setiap pemimpin pasti ingin dihormati dan dianggap sebagai atasan yang sukses oleh para karyawan atau anak buahnya.

Jika Anda sedang mengemban jabatan sebagai atasan dalam kehidupan karier Anda, tips yang dilansir Amerikanki, Sabtu (14/3/2015) di bawah ini bisa Anda terapkan dalam membentuk pribadi seorang atasan yang baik dan disenangi bawahan.

Mendengarkan pendapat

Bukan berarti karena seorang atasan Anda jadi bebas berbicara sepanjang waktu. Motivasi tim Anda untuk mengeluarkan ide-ide. Bawahan Anda akan merasa dihargai jika diberikan kesempatan. Tentu saja Anda tidak perlu menjalankan semua ide tersebut, namun tidak ada salahnya mencoba jika menemukan ide yang kreatif.

Mudah didekati

Kebanyakan pemimpin akan duduk sepanjang hari di ruangannya dan jarang berbicara dengan bawahan. Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang sukses, buka lebar pintu ruangan Anda agar tim Anda bisa berkomunikasi kapan saja. Anda tidak harus merendahkan posisi, namun menjadi mudah didekati akan membantu Anda untuk menjadi atasan yang lebih baik.

Mencari panutan

Setiap pemimpin memiliki karakteristik yang berbeda. Cobalah cari seorang pemimpin yang kira-kira cocok dijadikan panutan, lalu cari tahu bagaimana cara beliau dalam memimpin bawahan.

Beri apresiasi

Tidak sulit untuk mengucapkan ‘kerja bagus’ bukan? Jika bawahan Anda melakukan hal hebat, jangan lupa untuk memberinya pujian. Tidak harus melalui verbal, Anda bisa mengirimnya email atau menghadiahinya makan siang. Bawahan Anda pasti berpikir kalau mereka memiliki atasan yang hebat.

Jangan bertele-tele

Sebagai atasan, Anda harus memberikan instruksi yang jelas ketika memberikan tugas. Selain untuk kelancaran pekerjaan, hal ini juga dapat mencegah kesalahpahaman.

Punya selera humor

Ada kalanya tuntutan pekerjaan sangat tinggi sehingga mudah menimbulkan stres. Jika bawahan Anda melakukan kesalahan, cobalah tanggapi dengan sedikit humor. Sedikit humor akan meredakan ketegangan dan membantu setiap orang untuk fokus pada pekerjaannya.

Berpikir positif

Jika Anda memiliki pikiran negatif terhadap semua hal, Anda tidak akan menjadi seorang pemimpin yang sukses. Pikiran positif dibutuhkan untuk memotivasi tim sehingga mereka bersemangat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini