nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Foto dan Rekam Video di Pesawat

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 19 Maret 2015 15:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 19 406 1120944 jangan-asal-foto-dan-rekam-video-di-pesawat-fgkTVeID2K.jpg Jangan asal foto dan rekam video di pesawat (Foto: Foxnews)

KITA harus berpikir dua kali untuk berfoto atau merekam video di pesawat. Karena, tidak semua maskapai memperbolehkan penumpang melakukan hal tersebut.

Berikut serba-serbi mengenai kebijaka memfoto atau mereka video di pesawat yang dikutip Foxnews, Kamis (19/3/2015).

Kebijakan tidak tertulis

Banyak maskapai penerbangan memiliki kebijakan tidak memperbolehkan penumpang mengambil foto dan merekam video di pesawat, meskipun secara tidak tertulis. Misalnya, Inggris mengatakan tidak ada yang boleh merekam video di pesawat, kecuali untuk kepentingan pribadi. Kebijakan ini masih bisa memungkinkan kita melakukan foto selfie dengan anak atau istri. Tetapi, kita tidak bisa mengambil angle foto yang lebih luas.

Mengapa ada pembatasan?

Kita pasti bertanya-tanya mengapa berfoto atau merekam video di pesawat dibatasi? Alasan paling kuat pastinya mengarah kepada privasi. Namun, kebijakan ini juga untuk mencegah teroris atau pembajak mendapatkan informasi mengenaik tatak letak dan desain pesawat. Selain itu, kebijakan ini juga untuk mencegah banyaknya video atau gambar promosi yang menampilkan berbagai tingkat layanan pada setiap maskapai penerbangan.

Lalu, bolehkah pilot mengambil foto dan merekam video?

Ada aturan ketat tentang penggunaan barang elektronik kepada pilot. Kedua regulator, Amerika dan Eropa mengamanatkan bila pilot komersial tidak diperbolehkan menggunakan barang-barang elektronik pribadi, termasuk laptop, tablet dan telfon saat penerbangan. Namun, beberapa pilot mem-posting foto-foto menakjubkan ke Instagram, bahkan di antaranya pada pesawat komersial menggunakan kamera GoPro. Mungkin kita merasa iri atau jengkel, namun bagaimanapun harus tetap mengikuti kebijakan yang berlaku.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini