nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Menyikat Lidah yang Benar

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2015 16:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 03 20 481 1121632 cara-menyikat-lidah-yang-benar-HNEPsSsRTY.jpg Sikat lidah yang benar (Foto: Botanicals)

DALAM berbagai kondisi, sikat gigi saja tidaklah cukup untuk membersihkan mulut Anda. Ada bagian lain yang tidak bisa Anda lewatkan, salah satu yang sangat penting untuk rutinitas membersihkan mulut adalah bersihkan lidah.

Bila Anda kurang memperhatikan hal tersebut dapat memicu penyakit gusi, yang berkorelasi dengan penyakit jantung, kata Pia Lieb, DDS, dokter gigi kosmetik di New York City. Pada awalnya, kebersihan lidah yang kurang mungkin hanya menyebabkan napas berbau.

“Untuk membantu Anda menangani masalah ini, gunakanlah alat pembersih lidah plastik yang keras dan kuat. Hindari model gelang lembut atau lekukan pada bagian belakang sikat gigi Anda, yang tidak cukup kuat untuk membersihkan lidah,” saran Dr Lieb.

Setelah Anda memiliki alat pembersih lidah pilihan Anda, capai bagian belakang lidah Anda dan kerik permukaan lidah yang berpapila beberapa kali untuk menarik setiap plak dari makanan dan bakteri, ke depan lidah Anda.

Seperti dikutip dari Menshealth, Jumat (20/3/2015), setelah Anda benar-benar menyikat lidah Anda, gunakan obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida untuk mengangkat dan membilas keluar setiap masalah yang tersisa di mulut Anda.

“Lakukan rutinitas ini dua kali sehari, pada malam hari dan terutama di pagi hari. Bakteri anaerob berkembang biak dalam lingkungan gelap, lembab, dan hangat seperti lingkungan mulut saat Anda sedang tidur Anda,” kata Dr Lieb.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini