nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sembilan Fakta Zumba yang Perlu Anda Ketahui (1)

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 23 Maret 2015 05:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 03 21 481 1122030 sembilan-fakta-zumba-yang-perlu-anda-ketahui-1-Lg43ESQrng.jpg Manfaat zumba bagi kesehatan (Foto: Maccaliondon)

LATIHAN zumba memang tengah tren di Indonesia beberapa tahun terakhir, Lantas apa sih manfaat  zumba bagi kesehatan? Okezone telah merangkum sembilan fakta zumba yang wajib Anda tahu, seperti dilansir Timesofindia, Senin (23/3/2015).

Asal usul zumba

Zumba diciptakan oleh instruktur aerobik asal Kolombia di awal tahun 1990-an yang saat itu ia bosan dengan gerakan senam yang biasa-biasa saja. Saat melatih peserta aerobik, sang instruktur membawa kaset musik latin dan mencoba mencampurkan gerakan tarian latin ke dalam kelas aerobik tersebut. Di saat itu semua peserta aerobik sangat menerima zumba, lalu sejak hari itu gerakan latihan zumba berkembang secara eksponensial dalam 12 tahun terakhir hingga dikenal seluruh penjuru dunia.

Revolusi kebugaran dan tari

Kelas zumba telah merevolusi kebugaran dan tari. Saat itu, instruktur zumba pertama mengadakan kelas zumba setiap 9-10 kali setiap minggu. Dengan kesuksesan zumba di Kolombia, kelas ini dikenalkan kepada penduduk Amerika Serikat dan mereka senang menerimanya. Alasannya, saat melakukan zumba masyarakat senang dengan inovasi gerakan tari yang dimasukkan ke dalam gerakan senam aerobik yang terkesan membosankan saat itu.

Zumba menggunakan beragam jenis musik dunia

Dulu, gerakan zumba menggunakan musik Latin, salsa, meringue, rumba, hingga reggaeton. Tapi dalam lima tahun terakhir, genre musik internasional dan bollywood kerap disertakan. Bahkan, penyanyi internasional seperti Pitbull, Daddy Yankee, Wyclef menciptakan musik khusus untuk Zumba yang kini dipakai oleh banyak orang.

Manfaat zumba

Membakar kalori adalah keuntungan terbesar saat melakukan latihan zumba. Latihan ini bisa membakar kalori antara 500 -800 kalori dalam setiap kelas yang selama satu jam. Anda dapat melakukan zumba sekali sehari atau dua kali sehari, sesuai keinginan Anda.

Keuntungan zumba untuk psikologi dan fisik

Kita sudah tahu keuntungan zumba untuk membakar kalori dan latihan tubuh total yang luar biasa. Sementara, untuk psikologis zumba menjadi obat bahagia, terutama untuk menghilangkan stres dan rasa bosan. (Bersambung)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini