Tiga Trik Kenali Es Batu Aman atau Berbahaya

Santi Andriani, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2015 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 27 298 1125096 tiga-trik-kenali-es-batu-aman-atau-berbahaya-SsXpiHViIJ.jpg Es batu (Foto:Thewitnesswithin)

TIDAK bisa dibayangkan air asal sungai kemudian diolah menjadi es batu dengan campuran bahan kimia berbahaya. Es batu itu kemudian masuk ke dalam tubuh yang mungkin bisa setiap hari.

Jika memang gemar mencampurkan es batu dalam minuman untuk mendapatkan rasa segar dan kondisi dingin, Chef Febrian Wicaksono, menyarankan untuk membuat sendiri es batu di rumah dengan menggunakan freezer pada kulkas.

Namun, jika memang tidak memiliki freezer atau tidak sempat membuat es batu sendiri, dan harus membelinya di luar, Chef Brian-sapaan Febrian- memberi sejumlah tips untuk mengenali apakah es batu yang Anda beli aman dan berkualitas baik.

Warna air dari es batu yang sudah dicairkan

Untuk mengetesnya, beli es batu dan biarkan mencair dengan sendirinya. Jangan campurkan dulu dengan minuman. Jika air dari es batu berwarna keruh atau butek, apalagi ada sesuatu yang mengambang, curigai bahwa es batu bukan berasal dari air yang layak konsumsi. Sebaiknya tidak lagi membeli es batu tersebut.

Bau

Bau mungkin indikator yang paling mudah untuk mengecek, apakah air yang digunakan untuk membuat es batu tersebut aman atau tidak. Penggerebakan yang dilakukan pihak kepolisian terhadap pabrik pembuatan es batu di Jakarta Timur menemukan, untuk membersihkan air bahan baku es batu, salah satunya menggunakan bahan kimia yaitu kaporit.

"Nah kaporit ini kan baunya sangat menyengat ya, kalau kita berenang di kolam renang kan biasa kita mencium bau kaporit, karenanya baunya memang sangat kuat. Jadi bisa dikenali dari baunya, apakah es batu itu mengandung kaporit," kata Chef Febrian ketika dihubungi Okezone melalui sambungan telefon, Jumat (27/3/2015).

Harga

Chef Brian mengatakan, harga es batu dalam bentuk balokan atau dikenal sebagai es balok, cenderung lebih murah. Harga yang murah inilah, menurut Chef Brian, seharusnya menjadi kecurigaan paling awal sebelum mengonsumsi es balok sebagai campuran minuman.

"Harusnya curiga mengapa harganya bisa sangat murah. Pasti ada sesuatu yang mungkin tidak layak dikonsumsi. Dalam pemberitaan penggerebakan pabrik es batu yang saya lihat di televisi, diketahui airnya ternyata berasal dari air sungai," kata Chef Brian.(yac)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini