Kikil Asli Punya Ciri-Ciri Seperti Ini

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2015 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 27 298 1125134 kikil-asli-punya-ciri-ciri-seperti-ini-ttDbhh5Ehf.jpg Kikil (Foto:Youtube)

KIKIL atau bagian kaki sapi juga nikmat diolah menjadi berbagai hidangan. Namun belakangan konsumen dikhawatirkan dengan kikil mentah yang pengolahannya menggunakan bahan kimia berbahaya atau bahkan berasal dari limbah bekas pembuatan jaket kulit. Ada beberapa trik untuk mengenali kikil berkualitas baik.

Belum lama ini, Kepolisian Daerah Jawa Barat menggerebek dua pabrik pengolahan kulit di Kampung Tonjong, Kelurahan Parakanyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Pabrik ini diduga mengolah kulit sapi menjadi kikil dengan menggunakan bahan kimia berbahaya dan pengawet formalin.

Karenanya, sebagai konsumen tentu saja kita harus lebih waspada. Untuk itu sebaiknya kenali ciri-ciri kikil sebelum membeli dan mengolahnya menjadi masakan. Menurut Chef Nanda Hamdalah, seorang selebriti chef, kikil yang segar dan kikil rekondisi bisa dikenali dari penampakan fisiknya.

Nanda menjelaskan, kikil yang segar adalah kikil yang memiliki warna putih susu dan bersih, bukan putih yang berlebihan atau bahkan kecoklatan. Selain itu perhatikan juga teksturnya, kikil segar memiliki tekstur yang kenyal berbeda dengan kikil yang tidak bagus yakni keras dan tidak lentur.

Untuk mendapatkan kikil yang segar dan terjamin kualitanya sebaiknya beli kikil yang dijual di supermarket. Banyak orang beranggapan harga di supermarket akan jauh lebih mahal, padahal tidak.

"Sebagai saran, sebaiknya beli kikil di supermarket saja karena selain aman, harganya juga cukup bersaing," katanya kepada Okezone melalui pesan singkat, Jumat (27/3/2015).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini