Tips Memilih Kikil yang Segar

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2015 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 27 298 1125158 tips-memilih-kikil-yang-segar-sZDBxNY5Ch.jpg Contoh olahan kikil (Foto:Cornerone)

UNTUK menghindari konsumsi kikil yang tidak bagus atau bahkan rekondisi, perhatikan beberapa tips yang bisa dijadikan patokan agar mengenali ciri kikil yang segar.

Belum lama ini, Kepolisian Daerah Jawa Barat menggerebek dua pabrik pengolahan kulit di Kampung Tonjong, Kelurahan Parakanyasag, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Pabrik ini diduga mengolah kulit sapi menjadi kikil dengan menggunakan bahan kimia berbahaya dan pengawet formalin.

Chef Nanda Hamdalah yang dihubungi via pesan singkat memberikan beberapa tips memilih kikil yang segar kepada Okezone, Jumat (27/3/2015).

Warnanya

Warna kikil yang asli dan masih segar memiliki warna putih susu dan transparan. Sedangkan kikil yang tidak bagus akan terlihat kekuningan, oranye atau bahkan kecoklatan. Penjual kikil yang curang biasanya menambahkan bahan pewarna agar kikilnya terlihat menarik.

Aromanya

Kikil yang segar memiliki aroma amis khas sapi. Jangan membeli kikil yang berbau menyengat atau bahkan berbau seperti karet. Jika beli di penjual daging, perhatikan tempat ia menaruh kikil. Jika kikil diletakkan ditempat kering dan tidak ada lalat yang hinggap, maka bisa dipastikan kikil tersebut sudah tidak segar.

Teksturnya

Langkah terakhir yang harus diperhatikan sebelum membeli kikil adalah dengan memeriksa teksturnya. Kikil segar memiliki kekenyalan yang normal, tidak kaku ataupun keras. Selain itu di permukaan kikil juga masih terdapat sedikit kulit ari sisa-sisa lemaknya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini