Kikil yang Bagus Warnanya Kuning Keputihan

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2015 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 27 298 1125397 kikil-yang-bagus-warnanya-kuning-keputihan-GWMCb9W69K.jpg Gulai kikil (Foto:Jajanyuk)

MEMILIH kikil sebenarnya bisa dikatakan mudah. Dari tampilannya saja bisa diketahui bahwa kikil tersebut berkualitas baik atau tidak.

Hal tersebut dikatakan Fatahillah, Executive Chef Hotel Horizon di Samarinda. Ketika bertemu Okezone di Gandaria City Mal, Jumat (27/3/3015), dia bersedia membeberkan bagaimana ciri-ciri kikil yang berkualitas baik dilihat dari tampilannya.

"Kikil yang bagus itu bisa dilihat dari warnanya. Karena kalau dipasaran kita lihat kikil warnanya kuning banget. Padahal kikil yang kualitasnya baik itu tidak sekuning itu," jelasnya.

Menurutnya, jika menemukan kikil atau kulit kaki sapi dengan warna tersebut, sebaiknya jangan dibeli. Pasalnya, kikil yang bagus warnanya kuning agak keputihan.

Chef Fatah menambahkan, kikil yang menunjukkan warna terlalu kuning dikhawatirkan mengandung pewarna buatan tambahan.

Selain itu, kikil yang berkualitas baik biasanya juga memiliki aroma yang khas. Tidak ada tanda-tanda aroma tak sedap. Aroma kikil berkualitas baik biasanya cenderung segar seperti bau daging.

Begitu juga dengan teksturnya. Jangan pilih kikil yang cenderung keras. Pasalnya, kikil yang nikmat disantap seharusnya bertekstur kenyal dan lembut.

"Kikil yang enak juga nunjukin dari baunya sama teksturnya. Kalau kikilnya keras berarti sudah tua (sapinya-red)," tutup dia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini