Tips Menghilangkan Bau Kikil

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2015 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 27 298 1125408 tips-menghilangkan-bau-kikil-IA4IPC0ks4.jpg Kikil (Foto:Youtube)

SENSASI kenyal dan gurih dari kikil rupanya punya daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner. Buktinya, banyak masakan Indonesia yang menggunakan bahan kikil sebagai campuran makanan dan penikmatnya cukup banyak.

Tapi kendala yang sering ditemui saat menyantap kikil adalah baunya yang khas dan terkadang sulit dihilangkan. Hal inilah yang membuat sebagian orang malas mengolah kikil sendiri.

Sebelum mengolah bagian dari kulit atau kaki sapi ini, perlu diperhatikan beberapa tahap agar baunya tidak tersisa ketika disantap.

Seperti yang dikatakan Chef Fatahillah, Executive Chef Hotel Horizon, Samarinda. Agar kikilnya tidak berbau, lebih baik bersihkan dulu kikilnya dari lemak-lemak yang menempel, bahkan berkerak di lapisan kikilnya.

"Kalau ada sisa-sisa lemaknya, lebih baik dibuang dulu. Karena ini yang bikin bau," jelasnya kepada Okezone di Gandaria City Mal, Jakarta, Jumat 27/3/2015.

Setelah itu, kikil yang siap diolah direbus dulu bersama rempah-rempah. Pasalnya, rempah-rempah mampu menghilangkan kikilnya dari bau lemak tak sedap.

"Rebus kikilnya sama rempah. Saya biasanya pakai lengkuas, jahe, cengkeh dan daun salam. Semua dimasukkin saat kikilnya direbus sampai matang," tambahnya.

Dia mengatakan, melihat kikil kalau sudah matang cukup mudah. Hanya dengan menusuknya menggunakan garpu. Ketika garpunya mudah tertusuk, itu menandakan bahwa kikilnya sudah matang.

"Dengan cara ini bau kikil bisa hilang. Tinggal diangkat dan langsung diolah. Kalau masih sisa, bisa simpan kikilnya di freezer," pungkas dia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini