Image

Berikut Manfaat Sehat Konsumsi Jeroan

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2015, 05:34 WIB
https img k.okeinfo.net content 2015 03 27 481 1125263 berikut manfaat sehat konsumsi jeroan bGZmRLFzD1.jpg Manfaat makan jeroan (Foto: Boldsky)

BAGI sejumlah orang mengonsumsi organ hewan atau jeroan mungkin tidak sehat bagi tubuh karena khawatir akan kandungan lemaknya. Sayangnya tidak banyak orang yang tahu bahwa jeroan juga kaya akan vitamin dan mineral.

Hati sapi misalnya, ini sangat kaya akan protein, vitamin A, vitamin B12, asam folat, zat besi, zink, dan Kromium. Berikut adalah penjelasan lain mengenai manfaat dari kandungan jeroan yang mungkin tubuh Anda butuhkan, seperti dilansir dari Boldsky, Sabtu (28/3/2015).

Hati

Ini adalah organ paling bernutrisi dan sehat dari daging. Seperti disebutkan di atas, kandungan dari hati bagus salah satunya untuk meningkatkan kadar hemoglobin sehingga dapat mengatasi anemia.

Ginjal

Bagian ini juga kaya akan protein. Ginjal sapi atau kambing mengandung asam lemak omega 3 dan memiliki kandungan anti peradangan yang baik untuk jantung.

Pankreas dan limpa

Organ ini kaya akan zink dan selenium yang dibutuhkan untuk fungsi hormonal dan imunitas. Mereka juga kaya omega 3 dan protein.

Otak

Otak adalah bagian yang menjadi sumber omega 3 tertinggi. Otak juga mengandung nutrisi kuat seperti fosfatidilkolin dan fosfatidilserin yang baik untuk saraf. Bagian ini juga kaya dengan kandungan antioksidan yang mampu melindungi otak dan sistem tulang belakang dari kerusakan.

Jantung

Jantung kaya akan folat, zat besi, zink, selenium, vitamin B2, B6, dan B12. Jantung hewan membantu produksi energi di tubuh karena ini adalah sumber CoQ10 terbaik bagi tubuh Anda.

Lidah

Bagian ini 70 persennya mengandung asam lemak dan kalori, serta sejumlah nutrisi seperti jeroan lainnya. Lidah sapi misalnya baik untuk penyembuhan setelah sakit dan wanita mengandung.

Babat dan usus

Babat berarti lapisan perut baik kambing, domba, dan sapi. Bagian ini kaya gelatin dan probiotik yang baik untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Usus adalah sumber yang kaya gelatin dan glutamin yang digunakan untuk mencegah dan mengobati diare dan perforasi (lubang) usus.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini