Bikin Es Teh dengan Es Batu Sehat

Santi Andriani, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2015 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 28 298 1125694 bikin-es-teh-dengan-es-batu-sehat-V98QR09Boi.jpg Contoh es teh (Foto:radio)

ES teh apakah itu manis atau tawar memang jadi minuman populer di kalangan masyarakat perkotaan seperti Jakarta. Namun jika Anda bosan menyeruput es teh yang itu-itu saja, Anda bisa memvariasikannya.

Pakar teh Ratna Somantri membagi langkah-langkah membuat variasi teh yang dicampurkan dengan potongan buah segar. Yang tidak biasa, Ratna menggunakan es batu yang dibuat dari teh itu sendiri.

Yuk, pelajari langkahnya di bawah ini seperti disarikan dari bukunya yang berjudul The Story in A Cup of Tea.

Teh lebih kental

Seduh teh lebih kental daripada teh yang diminum biasanya.

Es batu dari teh

Buat es batu dari teh yang sama, agar ketika mencair, tidak akan mengurangi rasa tehnya.

Minum tidak lebih dari 24 jam

Teh yang sudah dibuat sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 24 jam meskipun sudah disimpan di dalam lemari pendingin, ini untuk membuat aroma dan rasa tetap terjaga.

Es teh rasa buah

Jika ingin membuat es teh rasa buah, bisa dengan menambahkan es batu yang juga terbuat dari juas buah ke dalam seduhan teh dingin.

Bikin dengan cara coldbrewed

Es teh bisa juga dibuat dengan cara coldbrewed. Yaitu menyeduh teh dengan air dingin. Cara membuat coldbrewed: satu liter air dan satu sendok makan teh disimpan di dalam lemari pendingin selama 4-6 jam, lalu saring. Teh yang enak untuk dibuat coldbrewed adalah teh hijau, teh oolong, dan teh putih.

Teh hitam bisa saja tetapi lebih enak menyeduh teh hitam dengan air panas lalu mendinginkannya untuk es teh.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini