nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Mengetahui Tabir Surya

Evi Elfira, Jurnalis · Senin 30 Maret 2015 13:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 03 30 194 1126386 pentingnya-mengetahui-tabir-surya-KqlzWael8a.jpg Pentingnya mengetahui tabir surya (Foto: Boldsky)

HIDUP di negara dengan sinar matahari yang kaya membuat kita tidak dapat lepas dari tabir surya. Sebelum menggunakan tabir surya, Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai tabir surya itu sendiri.

Untuk melindungi kulit tubuh dari sengatan sinar matahari, penggunaan tabir surya sangatlah diperlukan. Agar pemakaian tabir surya lebih bermanfaat, Anda perlu menyimak ulasan berikut ini sebagaimana dilansir dari Boldsky, Senin (30/3/2015).

Terapkan tabir surya setiap hari

Sinar matahari kini menyengat dengan terik hampir setiap hari. Sangatlah penting untuk mengaplikasikan tabir surya setiap hari. Tidak peduli cuaca akan cerah atau gelap, menggunakan tabir surya sangatlah penting. Aplikasikan ke seluruh tubuh, bukan hanya pada bagian yang terekspos sinar matahari. Ulangi setiap dua jam jika Anda berada di luar ruangan.

Aplikasikan tabir surya ketika berada di dalam ruangan

Entah berada di luar atau dalam ruangan, Anda tetap perlu menggunakan tabir surya. Tinggal di dalam ruangan tidak menjamin terbebas dari sinar ultraviolet. Anda sama-sama rentan mengalami kerusakan kulit, sehingga diperlukan penggunaan tabir surya walah di dalam ruangan.

Gunakan pakaian panjang

Mengenakan tabir surya tidak cukup melindungi Anda dari sengatan sinar matahari. Gunakan perlindungan tambahan dengan mengenakan pakaian dalam lengan panjang ataupun celana panjang. Pilih bahan yang sejuk untuk memberikan kenyamanan.

Gunakan kacamata untuk melindungi mata

Anda tentunya tidak dapat menggunakan tabir surya pada mata. Namun, mata sama-sama rentan mengalami kerusakan terhadap sinar matahari. Pakailah kacamata dengan perlindungan anti ultarviolet untuk melindungi mata dari sinar matahari.

Jangan lupakan bibir

Anda menggunakan tabir surya pada wajah serta seluruh tubuh, namun jangan lupakan area bibir. Karena, bibir juga rentan mengalami sengatan sinar matahari.

Jangan berjemur

Memiliki kulit kecoklatan karena sengatan sinar matahari memang terlihat eksotis. Namun, berjemur di bawah sinar matahari memiliki dampak yang buruk bagi kulit.

Jangan tertipu produk water resistant

Produk tabir surya sering memilikikandungan yang tahan air atau water resistant maupun water proof. Kata-kata tersebut ternyata tidak sepenuhnya tahan dengan air. Karena tabir surya tetap akan luntur jika terkena air dan membuat Anda terpapar sinar matahari.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini