Tiga Langkah Mudah Membuat Permen Lolipop

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 01 April 2015 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 01 298 1127781 tiga-langkah-mudah-membuat-permen-lolipop-96bwOCOalH.jpg Permen lolipop (Foto:Candystripedcafe)

LOLIPOP merupakan jenis permen yang banyak penggemarnya. Pada dasarnya membuat permen lolipop tidaklah sulit, bahkan bisa dikatakan sangat mudah dan hampir semua orang bisa membuatnya. Kunci utama dalam membuat permen lolipop adalah ketepatan temperatur dan diperlukan kehati-hatian.

Berikut tiga langkah mudah yang bisa Anda terapkan saat membuat permen lolipop, seperti dilansir Thedailymeal, Rabu (1/4/2015).

Proses memasak gula

Proses awal yang harus Anda lakukan saat membuat lolipop adalah dengan menyiapkan bahan. Dibutuhkan gula, air dan sirup jagung untuk membuat lolipop. Tempatkan semua bahan baku di dalam sebuah panci yang bersih, masak hingga gula larut dan meletup-letup. Lanjutkan memasak hingga suhu mencapai 300 derajat Fahrenhait. Gunakan termometer khusus permen untuk mengukur suhunya. Ketepatan suhu adalah yang menjadi penentu berhasil atau tidaknya permen Anda.

Tambahkan pewarna dan perasa

Jika suhu karamel gula sudah mencapai suhu yang pas maka Anda bisa menambahkan beberapa bahan tambahan. Bahan tambahan ini biasanya berupa pewarna dan perasa. Pewarna digunakan agar permen lolipop yang dihasilkan memiliki warna yang cantik dan menarik. Sedangkan perasa biasa ditambahkan untuk menciptakan berbagai rasa seperti misalnya rasa buah-buahan. Bahan tambahan ini bisa langsung dicampurkan dan diaduk hingga merata.

Cetak Lolipop

Langkah terakhir yakni mencetak lolipop. Cetakan lolipop haruslah yang berbahan dasar tahan terhadap panas, saat ini banyak digunakan cetakan lolipop berbahan silikon. Sebelum menuangkan karamel sebaiknya cetakan diolesi dengan sedikit minyak. Tuangkan dengan perlahan cairan permen dan beri stik atau gagang lolipop pada setiap adonan. Dinginkan permen hingga teksturnya mengeras kemudian keluarkan dari cetakan. Lolipop yang sudah jadi harus segera dikemas menggunakan pembungkus plastik dan ditutup hingga rapat. Permen lolipop ini bisa bertahan hingga satu bulan atau lebih.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini