nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buah & Sayuran dengan Pestisida Turunkan Jumlah Sperma

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 01 April 2015 15:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 04 01 481 1127614 buah-sayuran-dengan-pestisida-turunkan-jumlah-sperma-SmiCvWF1iu.jpg Aneka buah-buahan (Foto:Shutterstock)

BEBERAPA jenis buah telah ditemukan bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sperma. Namun, ada penemuan unik menunjukkan bahwa buah dalam kondisi tertentu memiliki kecenderungan tidak mendukung kesuburan pria.

Menurut para peneliti dari Harvard University, pria yang suka makan buah dan sayuran mentah yang masih mengandung residu pestisida tinggi, memiliki jumlah dan persentase sperma normal daripada mereka yang makan buah-buahan dengan kadar residu rendah.

"Ini adalah laporan pertama yang menemukan hubungan konsumsi residu pestisida dalam buah dan sayuran terhadap kesehatan reproduksi yang merugikan manusia," jelas Jorge Chavarro, asisten profesor nutrisi dan epidemiologi dan penulis senior studi tersebut.

Untuk mencapai kesimpulan ini, tim menggunakan data dari 155 orang yang terdaftar dalam studi lain di sebuah Pusat Kesuburan di Boston. Data termasuk 338 sampel semen yang diberikan selama 2007-2012 dan divalidasi dengan informasi survei tentang diet peserta.

Para peneliti mengklasifikasikan buah dan sayuran menurut kadar kandungan residu pestisida dari yang tertinggi (seperti paprika, bayam, stroberi, apel, dan pir) hingga terendah (seperti kacang polong, kacang-kacangan, jeruk dan bawang). Tak ketinggalan, faktor lain seperti kebiasaan merokok dan indeks massa tubuh juga dicatat, mengingat keduanya diketahui memengaruhi kualitas sperma.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria yang cukup sering makan buah dan sayuran (lebih dari 1,5 porsi per hari) dengan tingkat residu pestisida tinggi memiliki jumlah sperma 49 persen dan dengan hanya 32 persen sperma normal lebih rendah daripada pria yang makan lebih sedikit (kurang dari 0,5 porsi per hari).

Selain jumlah sperma yang lebih rendah, volume ejakulasi mereka juga lebih rendah dengan persentase sperma normal yang lebih rendah, demikian seperti dilansir dari Timesofindia, Rabu (1/4/2015).

"Jadi, kami menemukan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dengan residu pestisida yang rendah lebih menguntungkan. Oleh karena itu, cobalah untuk memiliki produk organik atau menghindari produk yang diketahui mengandung banyak pestisida," saran para penulis. (yac)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini