Ovarium Diangkat, Angelina Jolie Rela Menopause Dini

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 01 April 2015 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 01 481 1127678 ovarium-diangkat-angelina-jolie-rela-menopause-dini-BCe3hO0vo2.jpg Angelina jolie memutuskan rahimnya diangkat (Foto:Huffpost)

OVARIUM adalah organ penting wanita di usia subur. Kehilangan ovarium sama sekali berarti wanita kehilangan kesempatan untuk memiliki keturunan. Hal inilah yang harus diterima aktris Hollywood Angelina Jolie.

Angelina Jolie baru saja menjalani pengangkatan ovarium, tepat dua tahun setelah ia menjalani dua kali masektomi (pengangkatan payudara). Hal ini ia putuskan untuk memperkuat perjuangannya dalam melawan kanker payudara dan kanker ovarium.

“Tes darah sederhana menunjukkan saya menurunkan mutasi gen BRCA1. Keadaan ini meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 87 persen dan kanker ovarium sebesar 50 persen pada diri saya,” ungkapnya seperti dikutip dari Asiaone, Rabu (1/4/2015).

Pengangkatan ovarium jelas membuat aktris berusia 39 tahun ini mempercepat menopause. Selain itu, ia juga harus melupakan harapannya untuk memiliki anak biologis lainnya. Namun, Angelina Jolie menyerukan pada wanita berisiko kanker lainnya agar mereka paham dengan pilihan mereka.

Ia menceritakan kembali ujian yang dihadapi tiga minggu lalu, ketika tes darah menunjukkan bahwa ia memiliki tanda-tanda awal kanker baru. Angelina Jolie pun segera menelefon suaminya, Brad Pitt, yang kemudian segera terbang kembali dari Prancis.

Setelah operasi itu, tumor jinak kecil ditemukan di salah satu ovariumnya. Angelina Jolie menyadari keputusannya untuk saat ini mungkin tidak akan menghapus semua risiko kanker yang ia miliki. Ia pun bertekad untuk mencari cara alami yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.(yac)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini