Es Balok dari Air Sungai Bisa Sebabkan Pendarahan

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 01 April 2015 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 01 481 1127793 es-balok-dari-air-sungai-bisa-sebabkan-pendarahan-8EZN9iMuSd.jpg Es balok dari air sungai bisa sebabkan pendarahan (Foto: Imgkid)

TIDAK terbayang apa jadinya air sungai yang disulap jadi es balok lalu dikonsumsi oleh manusia. Tentunya secara otomatis akan tercemar bakteri yang mengundang beragam penyakit.

Hal ini dibenarkan oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), dr Agustin Kusumayati, MsC, PhD. Ia mengatakan, es batu yang tercemar bakteri sangat berisiko tinggi terhadap penyebaran penyakit, dari mulai diare, infeksi, hingga penyakit kronis.

"Kalau es batu sudah terkontaminasi bakteri, maka kita sudah enggak bisa apa-apa lagi. Karena es batu itu langsung dicampur ke makanan atau minuman. Jadi es batu juga rentan sebagai agen penular penyakit," ujarnya kepada wartawan di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Rabu, (1/4/2015).

dr Agustin menambahkan, bahwa sumber air yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan es batu menjadi syarat yang menentukan kelayakan konsumsi. Terlebih, jika es batu dibuat dari aliran air sungai akan menimbulkan bakteri E.coli dan salmonella yang menyebabkan keracunan.

"Bakteri E.Coli bisa menyebabkan pendarahan, yaitu jenis entero hemoragik akibatnya bisa sangat fatal. Misalnya saat kencing berdarah, bahkan bisa meninggal. Bakteri-bakteri ini meski menempel pada es batu bersuhu rendah, tidak mati, dan hanya tertidur sementara," imbuhnya.

Setelah es batu mencair pada suhu normal, bakteri kembali bermutasi dan bisa menginfeksi manusia. Pada kasus yang parah, bakteri E.Coli bisa menyebabkan pendarahan bahkan hingga menyebabkan kematian.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini