Perawatan Khusus untuk Kulit Wajah Berminyak

Evi Elfira, Jurnalis · Jum'at 03 April 2015 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 02 194 1128081 perawatan-khusus-untuk-kulit-wajah-berminyak-wmAwdat0aJ.jpg Perawatan khusus untuk kulit wajah berminyak (Foto: Alldealsasia)

MEMILIKI kulit wajah yang berminyak memang sering mengganggu. Namun, Anda dapat melakukan perawatan khusus kulit wajah berminyak untuk mengatasi masalah kelebihan minyak.

Dengan kulit wajah berminyak, Anda justru perlu melakukan perawatn yang khusus menangani masalah kulit tesebut. Simak ulasannya berikut ini sebagaimana dilansir Boldsky, Kamis (2/4/2015).

Masker wajah dari lilin

Masker wajah yang terbuat dari lilin adalah pilihan perawatan rumahan terbaik untuk wajah berminyak. Mereka menyerap kelebihan minyak dari kulit wajah dan membuatnya menjadi segar serta bebas minyak. Anda dapat menemukan masker ini di supermarket terdekat di mana setelah pemakaian masker ini cukup dikelupas saja.

Pembersihan

Jika Anda memiliki kulityang berminyak maka Anda harus membersihkan kulit dengan pembesih alami seperti susu dan madu. Bahan tersebut dapat menghilangkan kelebihan minyak serta kotoran. Anda juga dapat menggunakan oat dan yoguhurt untuk membersihkan kulit.

Uap

Menguapi wajah dapat membuka pori-pori kulit serta menghilangkan minyak dan kotoran. Selalu lakukan penguapan wajah sebeluim Anda melakukan facial untuk wajah berminyak. Cara ini juga mampu untuk memungkinkan nutrisi meresap kepada wajah ketika melakukan facial.

Melembapkan

Jangan beranggapan bahwa pelembap hanya untuk kulit yang berminyak saja. Pelembap atau moisturizer juga baik untuk kulit berminyak. Dengan kandungan alkohol, pelembap khusus kulit berminyak tidak meninggalkan sisa minyak berlebih pada kulit.

Toning

Menggunakan toner mampu menghilangkan kotoran dan menetralkan ph pada kulit. Selain itu, menggunakan toner mampu menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang tersisa pada kulit. Selain itu, menggunakan toner dapat mengencangkan dan mengecilkan pori-pori wajah. Anda pun bisa menggunakan air mawar sebagai toner alami.

Scrubbing atau eksfoliasi

Langkah ini menghilangkan sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Anda pun dapat membuat scrub sendir dengan mencampurkan madu dan gula, lalu pijat dengan lembut pada wajah.

Minyak esensial

Anda dapat menerapkan minyak esensial pada kulit wajah yang berminyak. Sebagai minyak esensial, akan memiliki sifat yang larut sehingga mampu mengatasi minyak berlebih dari kulit wajah Anda.

Lidah buaya

Aplikasikan gel lidah buaya pada wajah sebelum melakukan facial. Lidah buaya mengandung astringen yang mengeringkan kulit, mengobati infeksi, serta menghilangkan kelebihan minyak.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini