Wanita Karier bisa Menjadi Figur Positif bagi Anak

Ariesta Asri, Jurnalis · Jum'at 03 April 2015 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 03 196 1128717 wanita-karier-bisa-menjadi-figur-positif-bagi-anak-52Z9eHj65X.jpg Wanita karier bisa menjadi figur positif bagi anak (Foto:Huffingtonpost)

PERDEBATAN tentang wanita karier memang tidak ada habisnya. Banyak yang menganggap wanita lebih baik tidak bekerja agar bisa mendampingi tumbuh kembang buah hati setiap waktu, namun banyak juga yang mendukung profesi wanita karier.

Mengutip dari Secureteen, seorang wanita karier yang sukses dan bahagia akan profesinya dapat menjadi figur yang baik bagi anak. Dengan berkaca pada ibunya, anak mendapatkan inspirasi untuk mengejar impian dan ambisi mereka.

Seorang wanita karier yang pandai mengelola pekerjaan dan keluarga juga memiliki kesempatan untuk menanamkan etos kerja yang baik pada anak.

Psikolog Sani Budiantini Hermawan mengatakan persoalan wanita karier tidak bisa dilihat dari sisi positif atau negatif.

"Zaman sekarang, wanita juga dibutuhkan untuk bekerja. Kenapa? Karena untuk memenuhi kebutuhan terkadang tidak cukup jika hanya suami yang bekerja,” terangnya saat dihubungi oleh Okezone, Jumat (3/4/2015).

Psikolog lulusan Universitas Indonesia ini berpandangan, tuntutan hidup yang semakin tinggi menimbulkan konsekuensi.

Waktu yang seharusnya dipergunakan untuk mengurus keluarga pasti tersita. Namun hal ini bisa disiasati dengan mengubah quantity time menjadi quality time.

Lain ceritanya jika dorongan bekerja berasal dari keinginan aktualisasi diri atau obsesi.

“Dalam kasus seperti itu, bekerja menjadi sebuah pilihan bukan kewajiban. Hendaknya seorang ibu tetap menyeimbangkan waktu antara pekerjaan dan urusan rumah tangga,” pungkasnya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini