Latih Kemampuan Bicara Anak Autis Lewat Meniup

Ariesta Asri, Jurnalis · Sabtu 04 April 2015 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 04 196 1129048 latih-kemampuan-bicara-anak-autis-lewat-meniup-PtTiKyXYjG.jpg Meniup melatih kemampuan bicara anak autis (Foto:Pinterest)

JIKA Anda orangtua dari anak autis yang memiliki kesulitan dalam berbicara, ada metode mudah yang bisa diterapkan untuk melatih kemampuan bicara anak.

Terdapat istilah verbal dan nonverbal untuk membedakan kemampuan bicara anak autis. Anak autis verbal dapat berbicara, hanya saja mereka masih kesulitan dalam mengungkapkan maksud. Sedangkan pada anak autis nonverbal, kemampuan organ bicara belum sepenuhnya berfungsi.

"Selagi anak bisa mengeluarkan suara, selagi anak bisa menangis, itu tandanya dia bisa bicara," ungkap Muhamad Arifin dalam acara CSR Autism Day yang diadakan oleh Caldera di Bumi Perkemahan Cibubur, Sabtu (4/4/2015).

Menurut praktisi anak berkebutuhan khusus ini, kesulitan berbicara pada anak autis bisa diatasi dengan memeletkan lidah dan belajar meniup.

"Memeletkan lidah sebenarnya berguna untuk anak karena anak belajar menggerakkan lidah ke atas, ke bawah, dan ke samping. Selain itu, karena manusia membutuhkan udara saat bicara, sangat penting untuk anak belajar meniup," lanjutnya.

Belajar meniup bisa dilakukan lewat cara yang mudah dan menyenangkan. Misalnya dengan bermain gelembung atau meletakkan bola pingpong pada baskom yang telah diisi air lalu ditiup.

"Latihan sebaiknya dilakukan minimal tiga puluh menit setiap hari," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini