Kendala Sering Dirasakan Orangtua dengan Anak Autis

Ariesta Asri, Jurnalis · Sabtu 04 April 2015 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 04 298 1129118 kendala-sering-dirasakan-orangtua-dengan-anak-autis-xX8Q8ujw6q.jpg Parayaan Hari Autis Sedunia (Foto:Ariesta/Okezone)

MASALAH perilaku merupakan kesulitan yang paling dirasakan orangtua dengan anak yang menderita autis. Hal ini diakui Yuli, ibu dari seorang anak yang berusia tujuh tahun.

“Yang paling utama pasti masalah perilaku. Saya sendiri sudah maklum dengan orang awam yang menganggap anak saya bandel atau menyalahkan saya karena tidak bisa mendidik anak. Itu wajar karena mereka tidak tahu keadaan yang sebenarnya,” tuturnya kepada Okezone saat ditemui dalam acara CSR Autism Day di Bumi Perkemahan Cibubur, Sabtu (4/4/2015).

Akan tetapi, Yuli bersyukur karena ia mendapat dukungan penuh dari suami dan keluarga.

“Untungnya suami bisa diajak bekerja sama. Meskipun kadang cukup susah untuk mengatur waktu dan membuat program,” lanjutnya.

Selain perilaku, kendala lain yang ia rasakan di antaranya kurangnya pengetahuan terhadap autisme dan kesulitan untuk konsisten dalam menerapkan program.

Acara Autism Day 2015 yang diselenggarakan Caldera Indonesia bertujuan meningkatkan intensitas kebersamaan antara orangtua dan anak. Selain mengadakan permainan alam, pihak penyelenggara mengundang psikolog dan praktisi anak berkebutuhan khusus agar orangtua bisa berdiskusi perihal autisme.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini