Steik Londo Makanan Favorit Keluarga Sisca Soewitomo

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 08 April 2015 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 08 298 1130790 steik-londo-makanan-favorit-keluarga-sisca-soewitomo-XS2FrVtS8M.jpg Contoh olahan steik (Foto:Okezone)

TIDAK semua makanan bisa disantap habis oleh anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Kecuali, jika dihidangkan satu makanan yang paling disukai, pasti disantap habis tak tersisa.

Begitu juga dengan keluarga pakar kuliner Indonesia Sisca Soewitomo. Dia mengatakan ada satu masakan yang paling digemari semua anggota keluarga, yakni steik londo. Sama seperti steik pada umumnya, steik londo terbuat dari daging sapi. Londo merupakan bahasa Jawa Timur yang berarti janda.

Sisca mengaku steik londo merupakan masakan kreasinya sendiri. Dia mengatakan, ketika steak londo disajikan, semua anggota keluarganya niscaya akan berkumpul dan semangat saat menikmati sajian ini.

"Saya kalau mau ngumpulin anak dan anggota keluarga lainnya. Dari dulu senengnya makan steik londo. Masaknya gampang, dari daging sapi dan yang masak londo dalam bahasa Jawa," papar Sisca sambil bercanda kepada awak media di Seribu Rasa Restaurant, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 7 April 2015.

Wanita kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini bercerita, mudahnya cara membuat steik londo. Pertama, daging sapi diiris tipis dan ditusuk-tusuk dengan garpu agar teksturnya lembut dan tidak alot.

Setelah itu, dibubuhkan garam, merica dan diamkan beberapa menit. Lalu panaskan margarin dan tumis hingga harum bersama bawang merah yang diiris.

Kemudian masukkan kecap asin dan beri sedikit susu. Masukkan daging dan tumis hingga matang.

"Jadi deh, makan pakai kentang goreng. Dulu kan gak ada pengempuk daging. Kalau ditusuk-tusuk gitu bisa lembut teksturnya. Pokoknya disajikan ini pasti pada ngumpul," tutup dia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini