Peran Orangtua saat Anak Hadapi Ujian Nasional

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 09 April 2015 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 09 196 1131391 peran-orangtua-saat-anak-hadapi-ujian-nasional-kGCq84EoF7.jpg Peran orangtua saat anak hadapi ujian nasional (Foto: Huffingtonpost)

UJIAN Nasional (UN) selalu menjadi perhatian khusus bagi orangtua dan pelajar. Lantas, bagaimana sikap terbaik orangtua terhadap sang anak dalam menghadapi UN?

Setiap tahun, para pelajar akan menghadapi UN. Meski tahun ini, UN tidak lagi menjadi syarat kelulusan, namun standar nilai nasional tetap diberlakukan, yaitu minimal 5,5.

Kepada Okezone, Oktarina, ibu dari artis cilik Amel Carla, mengatakan tidak merasa khawatir tentang UN yang akan dihadapi anaknya tahun depan. Sebab, baginya UN adalah tanggung jawab anak yang harus dijalani sebagai pelajar.

"Apa pun namanya, ujian pasti menakutkan, tapi harus dijalani. Sebab, itu merupakan tanggung jawab atas hak yang diperoleh anak sebagai pelajar," kata Oktarina.

Menurutnya, kekhawatiran orangtua bukan tentang ujian nasionalnya, tetapi bakat dan kecerdasan anak yang berbeda-beda.

"Yang dikhawatirkan orangtua bukan ujiannya, tetapi kepada kemampuan setiap orang, khususnya anak yang berbeda-beda. Jadi, UN tidak bisa dijadikan acuan untuk menilai kecerdasan siswa," tutupnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini