Share

Seruput Bir Jawa yang Nikmat

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 10 April 2015 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 09 298 1131724 seruput-bir-jawa-yang-nikmat-latc5oVkry.jpg Bir jawa di Joglo Pathaya (Foto:Dinno/Okezone)

JIKA mendengar kata bir, pasti yang terbesit di benak kita adalah minuman beralkohol. Namun, lain hal dengan bir jawa satu ini.

Minuman ini cukup familiar di masyarakat Yogyakarta. Konon, minuman ini merupakan hasil kreasi Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Bir jawa memang dikenal sebagai minuman penghangat badan dan menyehatkan.

Tak usah khawatir, bir jawa sama sekali tidak memabukkan, pasalnya sama sekali tidak mengandung alkohol. Bir jawa terbuat dari beberapa rempah seperti bunga cengkih, kayu manis, serutan kayu secang, jahe, kapulaga, daun serai, daun pandan, jahe, jeruk nipis dan gula batu atau gula pasir.

Dalam peluncuran konsep baru rumah makan Joglo Patheya, di Jakarta, Rabu 8 April 2015, Okezone berkesempatan untuk mencicipinya. Saat itu, bir jawa ditempatkan pada sebuah stoples dicampur dengan es batu.

Tampilannya mirip sekali dengan bir asli namun yang ini tidak berbuih. Tak ada sisa-sisa rempah dan terlihat bersih lantaran sudah disaring sedemikian rupa. Karena minuman ini disajikan dingin, sehingga aromanya tidak terlalu tercium. Tapi ketika dicicipi, rasa pertama yang muncul adalah rasa rempah, manis dan sedikit asam segar dari air jeruk nipis.

Ketika sampai di tenggorokan, baru terasa hangatnya jahe namun tidak terlalu pedas. Minumannya terasa segar dan berbeda dengan wedang (minuman yang hampir serupa). Kendati demikian, bir jawa lebih memiliki rasa yang ringan, segar dan hangat di tenggorokan. Bir jawa juga cocok disajikan dalam keadaan dingin dan juga hangat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini