Orangtua Wajib Dampingi Anak Hadapi UN

Ariesta Asri, Jurnalis · Sabtu 11 April 2015 05:35 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 10 196 1132300 orangtua-wajib-dampingi-anak-hadapi-un-5R8Ewh5MWQ.jpg Orangtua wajib dampingi anak hadapi UN (Foto: Huffingtonpost)
SEPERTI tahun-tahun sebelumnya, Ujian Nasional (UN) akan menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan siswa. Para siswa akan merasakan kekhawatiran yang mendalam, bahkan bisa mencapai tahap stres.
 
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini UN tidak lagi menjadi standar kelulusan. Meskipun begitu, standar nilai nasional tetap diberlakukan yaitu minimal 5,5.
 
Pemberlakuan standar nilai tersebut ditujukan guna mendorong semangat siswa untuk meraih nilai baik meski UN tidak lagi menjadi syarat kelulusan. Selain kerja keras yang dilakukan oleh siswa dan pihak sekolah, orangtua juga wajib terlibat dalam memberikan dukungan.
 
“Tentu saja orangtua harus mendampingi. Selain mengatur strategi belajar dan mengatur waktu, orangtua juga harus cermat menilai kemampuan anak,” kata psikolog Kasandra Putranto pada Okezone beberapa waktu lalu.
 
Kasandra berpendapat, jika orangtua menilai anaknya tidak terlalu mahir di bidang akademik, anak tersebut wajib punya waktu belajar yang lebih banyak. Sebaliknya ketika anak tersebut bagus di bidang akademik, orangtua tidak boleh melarang anak untuk melakukan hobi atau kegiatan di luar sekolah.
 
“Yang terpenting anak jangan terus menerus belajar, karena nantinya malah menimbulkan kejenuhan. Selain itu, orangtua juga wajib mendukung anak dengan menyuplai makanan bergizi dan vitamin,” tutupnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini