Lezatnya Nasi Jamblang Hidangan khas Cirebon

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 10 April 2015 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 10 298 1132270 lezatnya-nasi-jamblang-hidangan-khas-cirebon-mnHRGV6pDC.jpg Nasi jamblang di J-Path (Foto:Dinno/Okezone)

NASI jamblang merupakan sajian nasi lengkap khas Cirebon, Jawa Barat. Hidangan ini biasanya berupa nasi putih yang dibungkus dengan daun.

Masyarakat Cirebon biasanya menyebutnya sega jamblang. Sajian ini tidak hanya populer di Cirebon saja, untuk berbagai kawasan di Jawa Tengah dan sekitarnya juga terkenal dengan nama sego jamblang.

Meski namanya nasi jamblang, tapi hidangan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan pohon atau buah jamblang. Justru yang menjadi ciri khasnya adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati.

Pasalnya, jika nasi dibungkus dengan daun pisang tidak dapat bertahan lama. Namun, dari itu nasi yang bungkus dengan daun jati ini, nasi bisa bertahan lama dan tetap terasa pulen.

Hal tersebut dikarenakan, daun jati memiliki pori-pori yang dapat membantu menjaga kualitas nasi jika disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Konon, singkat cerita hidangan khas Cirebon ini awalnya hanya diperuntukkan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda dulu. Para pekerja itu dipaksa untuk membangun sebuah jalan raya Daendels dari Anyer ke Panarukan yang melintasi wilayah Kabupaten Cirebon.

Ada banyak lauk yang cocok disantap saat menikmati nasi jamblang ini. Seperti sambal, tahu goreng, tempe goreng, sate telur, sate kentang, ikan asin, semur dan masih banyak lainnya.

Jika malam ini Anda ingin bernostalgia dengan nasi jamblang, Anda bisa merapat ke restoran Joglo Patheya-Legendary Javanese Cuisines di Jalan Kemang Utara Raya nomor 22, Jakarta Selatan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini