nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masak Santan Harus Terus Diaduk

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 12 April 2015 05:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 04 10 298 1132349 masak-santan-harus-terus-diaduk-N7racrtOiY.jpg Santan (Foto:Kitchenapparel)

DALAM pengolahan masakan Indonesia, banyak yang menggunakan santan sebagai bahan utamanya. Masakan seperti rendang, sayur lodeh ataupun opor ayam tentu saja membutuhkan santan sebagai bahan baku. Memasak santan tidak bisa sembarangan karena jika salah maka santan yang diolah akan menjadi pecah atau rusak.

Menurut Chacha, runner up Junior Master Chef Indonesia musim kedua, saat memasak santan harus selalu diaduk agar tidak pecah. Santan yang pecah akan membuatnya terlihat seperti gumpalan-gumpalan berwarna putih susu yang mengambang.

“Masak santan harus diaduk terus supaya tidak pecah,” ucap Chacha 'JMCI' saat berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone di Gedung HighEnd, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis 9 April 2015.

Pemilik nama lengkap Aurelia Tirzha Syallomitha ini menambahkan, saat mengolah santan sebaiknya jangan menggunakan api yang besar. Santan harus dimasak perlahan lahan dengan api kecil atau sedang hingga mendidih.

“Bisa ditinggal beberapa menit tapi jangan terlalu lama dan harus kembali diaduk,” tambah Chacha 'JMCI'.

Jika tidak mengaduk santan saat dimasak maka santan akan pecah. Santan yang pecah tentu saja akan menghasilkan aroma serta rasa yang kurang maksimal. Selain itu tampilan makanan dengan santan yang pecah akan terlihat kurang menarik.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini