Mengasuh Anak Tidak Bisa dengan Pemaksaan

Vessy Frizona, Jurnalis · Sabtu 11 April 2015 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 11 196 1132547 mengasuh-anak-tidak-bisa-dengan-pemaksaan-IKnocNmCf6.jpg Mengasuh anak tidak bisa dengan pemaksaan (Foto: Parenting)
IBU dari chef cilik MasterChef Indonesia Season 2, Vivi Marliana S (39), mengaku tak pernah memaksa anak melakukan apa yang ia inginkan. Sebab, memaksa anak hanya membuat anak murung.
 
Ditemui saat menemani Chaha berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone beberapa waktu lalu, ibu dari chef cilik berusia 12 tahun itu bercerita bagaimana ia menerapkan pola asuh yang menyenangkan bagi anak.
 
"Chaha ini tipe anak yang cuek dan enggak suka dipaksa. Dia suka melakukan apa yang dia senangi, jadi kita sebagai orangtua enggak bisa maksa," ujar Vivi.
 
Menurutnya, memaksakan keinginan orangtua hanya membuat anak murung. Ia membiarkan anak melakukan apapun yang mereka suka asalkan bertanggung jawab.
 
Lebih lanjut ibu dari runner up Junior MasterChef Indonesia Season 2 itu memberi contoh kasus di mana ia membebaskan anak menjalani hidup tanpa paksaan orangtua.
 
"Misalnya, waktu Chacha di Galeri Junior MasterChef, pas dia keluar saya tanya, 'juri ngomong apa', tapi dia cuma jawab 'ya, gitu deh'. Sebagai orangtua saya bisa saja paksa dia jawab, tapi saya enggak mau, karena saya tahu itu akan membuat anak bete dan kehilangan mood dalam berkompetisi," jelasnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini