Sawunggaling Wujud Cinta Didi Budiarjo pada Batik

Sausan Fuad, Jurnalis · Minggu 12 April 2015 17:53 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 12 194 1132878 sawunggaling-wujud-cinta-didi-budiarjo-pada-batik-2iSK3Cvshs.jpg Didi Budiarjo (Foto: Fika/Okezone)

KECINTAAN Didi Budiarjo pada batik diwujudkan melalui pameran instalasi batik Sawunggaling. Instalasi tersebut pun dipamerkan melalui ajang Fashion Nation Senayan City.

Menurut Didi, batik merupakan mahakarya bangsa Indonesia. Apalagi, ada setiap makna yang terkandung di balik motif batik.

“Saya cinta semua motif batik klasik. Saya tertarik sekali, karena setiap motif batik itu ada artinya, ada purpose-nya juga. Untuk pakai tertentu bolehnya occasion tertentu juga. Itu menariknya batik jawa,” ujar Didi Budiarjo di Jakarta, belum lama ini.

Lebih lanjut, Didi menuturkan jika koleksi Sawunggaling dipersiapkan dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Pasalnya, untuk mendapatkan hasil yang baik, Didi perlu melakukan berbagai hal seperti riset, dan proses membantik yang cukup lama.

“Batik yang baik itu melalui proses yang lama dan biaya yang tidak murah. Saya juga ingin berpesan pada masyarakat bahwa pengrajin batik harus di apresiasi dibeli karyanya tapi tidak bisa dengan harga murah, karena membatik itu membutuhkan waktu” jelasnya.

Sementara itu, Sawunggaling sendiri merupakan batik yang lahir dari tangan Go Tik Swan atau KRT Hardjonegoro. Ia adalah pencipta batik indonesia yang di minta oleh Presiden Soekarno. Sawunggaling diciptakan berdasarkan regalia raja-raja jawa yang berwujudkan sawung (ayam jantan) dan galing (merak jantan). Sawunggaling melambangkan kemenangan, yang senantiasa memperbaharui diri.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini