Hal Ini Paling Ditakuti Siswa saat Ujian Nasional

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 14 April 2015 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 13 196 1133536 hal-ini-paling-ditakuti-siswa-saat-ujian-nasional-uh5Lq4VCYZ.jpg Hal yang paling ditakuti siswa saat ujian nasional (Foto: Huffingtonpost)
STANDAR nilai Ujian Nasional (UN) menjadi tekanan bagi siswa-siswi dalam belajar. Mereka takut apabila tidak bisa mencapai standar nilai yang ditetapkan pemerintah.
 
Psikolog Kasandra Putranto menyebut ada dua penyebab siswa takut menghadapi Ujian Nasional. Namun, ketakutan itu bisa diatasi dengan cara ini.
 
Dalam wawancara dengan Okezone, Senin (13/4/2015), Kasandra menyebut ketidaksiapan materi pelajaran menjadi penyebab utama, yang kedua adalah kesiapan mental.
 
Tidak menguasai pelajaran

"Anak-anak yang takut menghadapi ujian, biasanya karena mereka memang tidak menguasai materi pelajaran. Entah itu kurang belajar atau tidak memahami materi itu sendiri. Sehingga mereka takut dan tidak siap. Solusinya, mereka harus giat belajar atau mengikuti les tambahan sebelum ujian itu tiba. Jadi mereka tidak panik dan takut."

Tidak siap mental

"Ketidaksiapan mental terjadi karena memang anak adalah tipe pencemas. Sehingga mereka takut dan panik. Agar mereka tenang saat akan ujian, mereka perlu mengikuti terapi tertentu agar lebih rileks. Selain itu mendekatkan diri dan berdoa kepada Tuhan juga bisa menjadi solusi."

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini