Garang Asem Hidangan Tradisional Khas Jawa Tengah

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 14 April 2015 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 14 298 1134047 garang-asem-hidangan-tradisional-khas-jawa-tengah-ELy4GHAvSt.jpg Garam asem (Foto:Kitabmasakan)

BERKUNJUNG ke berbagai daerah di Jawa Tengah, ada satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan, yaitu garang asem. Sajian ini terlihat sederhana yang dibungkus dengan daun pisang. Namun demikian rasanya tetap lezat dengan bumbu santan yang gurih.

Garang asem merupakan makanan tradisional dari daerah Jawa Tengah. Komposisinya terdiri dari daging ayam kampung berkuah yang dimasak dengan santan serta dibungkus daun pisang yang dikukus. Cita rasanya cenderung pedas dan asam segar karena penggunaan tomat hijau. Garang asem ini biasa disajikan bersama dengan nasi hangat, ayam asam manis perkedel kentang dan juga tempe goreng.

Ada banyak variasi garang asem yang ada di daerah Jawa Tengah dengan isian yang cukup beragam. Seperti ayam, jeroan, jamur, ikan, dan tahu. Begitu juga dengan cara pengolahannya.

Di Pekalongan, Jawa Tengah, makanan tradisional ini dimasak tanpa menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, melainkan langsung dimasak dan disajikan di atas piring dan langsung disantap. Lain lagi dengan garang asem di Kota Demak atau Semarang, garang asem di daerah ini masih dibungkus dan dimasak dengan daun pisang. Daun pisang inilah yang juga memberikan kelezatan pada sajian garam asem.

Jika kebetulan Anda ingin menyantap garang asem, Anda bisa mendatangi restoran yang memang khusus menyajikan hidangan khas Jawa yaitu di Joglo Patheya yang berlokasi kawasan Kemang, Jakarta Selatan, atau jika Anda tengah berada di kawasan Ciputat, Anda bisa singgah di tempat makan Angkringan Joglo di Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan. Kedua tempat ini menyuguhkan hidangan khas Jawa termasuk garam asem. (yac)

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini