Pedasnya Ayam Ulek di Angkringan Ini

Santi Andriani, Jurnalis · Selasa 14 April 2015 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 14 298 1134097 pedasnya-ayam-ulek-di-angkringan-ini-E2COdWQQpz.jpg Ayam ulek di Angkringan Joglo (Foto:Danianggoro)

TIDAK hanya menyajikan hidangan khas angkringan seperti nasi kucing dan beraneka macam sate, di Angkringan Joglo konsumen bisa menikmati ayam ulek. Menu ini disebut sebagai salah satu menu favorit.

Ayam yang disajikan dengan sambal di bagian atas ini penampilannya mirip seperti ayam penyet pada umumnya. Menu ini terbilang menu baru di tempat makan yang berlokasi di kawasan Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan. Ide awalnya karena banyak konsumen yang meminta makanan berat selain nasi khas angkringan.

"Kita dapat banyak masukkan, konsumen banyak yang minta makanan berat. Karena kita juga nggak mau terlalu idealis dengan hanya menyajikan makanan khas angkringan, tapi kita juga mengikuti selera konsumen, akhirnya kita sajikan menu ayam ulek," kata Dani Anggoro, satu dari tiga orang pemilik tempat makan ini kepada Okezone.

Sama halnya dengan makanan khas angkringan, menu ayam ulek sebenarnya juga merupakan makanan khas Yogyakarta. Dani mengakui kalau di Jakarta menu ini mirip dengan ayam penyet.

"Ternyata animo konsumen terhadap menu ayam ulek cukup tinggi. Kita buka dari jam lima sore, jam delapan malam sudah habis untuk ayam uleknya," beber alumni Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini.

Kelebihan dari menu ayam ulek ini, dijelaskan Dani, selain dari cita rasa ayamnya, yaitu dari rasa sambalnya yang sangat pedas. Ini yang menjadi favorit para pembeli.

Agar bumbu kuning ayam semakin meresap, Dani mengaku, ayam diungkep selama tiga hari dan disimpan dalam freezer. Sedangkan untuk sambal, meski menggunakan cabai mentah, namun sebelum diulek disiram terlebih dahulu dengan minyak panas, baru kemudian ditiriskan kembali sehingga tetap kering setelah menjadi sambal.

Dani yang mempekerjakan dua juru masak profesional memiliki niatan untuk membuka lebih awal Angkringan Joglo. Sehingga konsumen bisa menikmati khususnya menu ayam ulek pada jam makan siang.

"Melihat animo masyarakat yang bagus, kita ada niatan untuk membuka lebih awal, khususnya untuk menyajikan menu ayam ulek ini," ujar Dani.

Anda yang ingin menyantap menu ayam ulek sekarang juga segara merapat ke Angkringan Joglo di kawasan Kampung Utan, Ciputat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini